Tahun Ini BPBD Riau Bakal Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla Lebih Awal

Tahun Ini BPBD Riau Bakal Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla Lebih Awal
Kantor BPBD Riau (foto:internet)

iniriau.com,PEKANBARU - Pada tahun 2023 ini, Riau dan sejumlah daerah lain di Sumatera bakal mengalami dua kali musim kemarau. Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau M Edy Afrizal, Februari - Maret itu diprediksi sudah masuk musim kemarau tahap pertama. Makanya kita harus persiapkan dari sekarang antisipasinya. Untuk itu, Edy menghimbau agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar. 

" Kami himbau  masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar," himbaunya, Senin (23/1/2023).

Selain itu, Edy mengaku pihaknya berencana untuk menetapkan status siaga darurat karhutla sejak awal. Namun untuk penetapan status siaga darurat Karhutla tingkat Provinsi Riau, pihaknya masih menunggu ada kabupaten kota yang duluan menetapkan status darurat Karhutla, minimal dua daerah.

"Pemerintah pusat sudah memberikan arahan kepada kita, agar sesegera mungkin menetapkan status siaga karhutla jika memang persyaratan sudah terpenuhi dan situasinya memungkinkan," katanya. 

Edy mengatakan, hingga saat ini, BPBD Riau belum mendapatkan laporan dari 12 kabupaten kota di Riau yang dilanda Karhutla.

"Alhamdulillah, sampai hari ini Riau masih nihil Karhutla. Titik hotspot kita juga sedikit. Yang banyak itu di Sumatera Barat," kata Edy.**

Berita Lainnya

Index