Ini Jawaban Luhut Saat Disinggung Utang RI yang Segunung

Senin, 08 Agustus 2022 | 14:51:29 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (dok:ist)

iniriau.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjawab tentang utang Indonesia yang menurutnya terbilang masih kecil. Ia  memastikan utang Indonesia yang kini tembus Rp 7.123,6 triliun adalah bersifat produktif. Sehingga utang tersebut bisa dibayarkan.

Hal ini disampaikan usai acara groundbreaking Tol Serang - Panimbang Seksi 3 Cileles - Panimbang, di Banten, Senin (8/8/22).

"Kalau orang bilang kita utang itu betul Rp 7.000 triliun tapi itu utang produktif, seperti jalan tol ini. Dia akan mengembalikan sendiri dengan orang jalan lewat situ. Artinya jangan rakyat kita tipu dengan informasi yang salah," kata Luhut dikutip dari laman CNBC Indonesia.

Dia menjelaskan pemerintah sudah memperhitungkan return of investment banyak proyek, sehingga utang ini tidak menjadi beban.

Luhut juga menegaskan Indonesia menjadi negara yang paling kecil rasio utangnya dibandingkan negara lain. Dimana rasio utang RI baru 40% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

"Dimana banyak negara maju di dunia lebih atau mendekati 100% dari PDB. Jadi saya mohon jangan pernah bicara yang aneh-aneh dan gak jelas. Pemerintah tahu apa yang dilakukan," katanya.

Selain itu bicara pembangunan tol Serang - Panimbang, diharapkan dapat meningkatkan ekonomi daerah Banten. Dimana dari catatannya ekonomi wilayah ujung barat Jawa ini tumbuh di atas ekonomi nasional 5,44%, setelah ada tol diharapkan dapat tumbuh di atas 6% beberapa tahun kedepan.*

Terkini