Petani Riau Panen Padi Hasilkan 1.500 Ton Beras

Kamis, 01 April 2021 | 10:12:07 WIB
Ilustrasi

Iniriau.com, ROHIL - Petani di Rokan Baru Pesisir, Kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, memanen padi pada lahan seluas 350 hektare (ha) yang menghasilkan sebanyak 1.500 ton beras.

"Rokan Baru Pesisir sebelumnya merupakan desa tertinggal, namun dengan berkembangnya areal persawahan maka daerah ini menjadi desa berkembang dan menghasilkan," kata Danrem 031/Wirabima, Brigjen TNI M Syech Ismed, Rabu, 31 Maret 2021.

Dia mengatakan panen raya padi di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau terus bertambah signifikan yang dikelola secara manual tanpa membakar lahan serta penanaman padi tanpa menggunakan pupuk kimia.

Padi yang dipanen tersebut bagian dari program ketahanan pangan Binaan Kodim 0321/Rohil bersama Pemkab Rohil, di Rokan Baru Pesisir Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rohil.

"Panen raya ini merupakan panen ketiga yang telah dilaksanakannya di Rohil, lahan padi yang dipanen luasnya sekitar 350 ha itu merupakan salah satu bukti hasil memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan bermanfaat yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan panen raya padi pertama sebelumnya, dilakukan di atas lahan 40 hektare yang memproduksi 180 ton beras. Berikutnya pada panen raya kedua dilakukan di persawahan seluas 133 hektare dengan produksi 650 ton beras, yang terdiri atas beberapa jenis padi, seperti padi Perang Aceh, padi KKB, padi Kalus, padi Indragiri, padi Legawa dan padi Ramos.

Danrem mengatakan program ketahanan pangan ini cukup baik dalam membantu meningkatkan ekonomi masyarakat apalagi di daerah tertinggal.

"Selamat pada petani dan terimakasih pada pendamping yang telah melakukan pembinaan dalam pengelolaan pertanian semoga hasil panen ini akan memotivasi petani untuk lebih giat lagi," ujarnya.**

Sumber: Medcom

Terkini