5 Rajab 1444 H | Jumat, 27 Januari 2023
Seleksi Atlet Catur, Peserta Berharap Bisa Wakili Riau Di PORWIL dan Pra PON 2023
olahraga | Sabtu, 21 Januari 2023
Editor : Betty Ismail | Reporter : Astrid Lilisari

Seleksi Atlet Catur Riau untuk Pra PON dan PORWIL 2023, Sabtu (21/1) di Pekanbaru

Pekanbaru, iniriau.com - Percasi Riau melaksanakan seleksi atlet catur yang akan berlaga di PORWIL dan Pra PON 2023. Seleksi atlet catur Riau ini berlangsung di salah satu café di daerah Sukajadi, Pekanbaru, Sabtu (21/1). 

"Kita saat ini melaksanakan seleksi atlet catur yang akan bertanding di PORWIL dan Pra PON 2023. Kita panggil seluruh atlet yang meraih gelar juara di Porprov X Riau kemarin. Kita berharap yang lolos nantinya bisa mewakili dan membawa nama baik Riau di kedua iven olahraga tersebut," jelas Ketua Panitia Pelaksana Seleksi Atlet Percasi Riau, Lazwardi Siregar setelah melaksanakan technical meeting Minggu pagi.

Sementara itu Kabid Binpres Percasi Riau, Sudirman berharap atlet-atlet catur Percasi Riau bisa membawa pulang 1 medali emas dan 1 medali perak untuk Riau nantinya.

"Kita berharap bisa bawa pulang dua medali, satu medali emas dan satu medali perak. Bagi yang lolos seleksi nantinya bisa berikan prestasi yang terbaik untuk Riau tentunya," harap Sudirman optimis.

Seluruh peserta yang mengikuti seleksi berasal dari sembilan kabupaten dan kota di Riau yaitu, Pekanbaru, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Bengkalis, Pelalawan, Indragiri Hilir, Kuantan Singigi, minus Meranti, Dumai dan Kampar. Semua peserta berharap bisa lolos seleksi dan mewakili Riau di PORWIL dan Pra PON nantinya.

"Kita optimis isi kuota di PORWIL tahun ini yang cukup terbatas hanya tiga kuota untuk pecatur putra. Saya harap bisa memberikt permainan yang terbaik dan bawa Nama baik Riau di PORWIL," jelas Herdian Anwar, peraih tiga medali emas Porprov X Riau di nomor pertandingan catur standard perorangan, beregu dan catur kilat perorangan.

Sekretaris Umum Percasi Bengkalis Alianas juga mengungkapkan hal senada. Ia berharap atlet-atlet catur Bengkalis bisa lolos seleksi catur untuk PORWIL dan PRA PON.

"Kita turunkan tiga orang atlet terbaik kita. Mudah-mudahan bisa lolos semuanya. Kita terdiri dari dua orang pecatur putri yaitu DWI Rahma Putri Andriyani dan Ginanjar Melina, serta Herdian Anwar," tutur Alianas bersemangat.

Sedangkan kabupaten Siak menurunkan dua orang peraih medali perak di Porprov X 2022 lalu. Mereka adalah Anita Francisca Tambunan dan Anisa Hutahaean. Pelatih Percasi Siak, Aminuddin Hasibuan menjelaskan seleksi ini bisa menambah pengalaman bagi atlet-atlet asuhannya.

"Kita utus dua orang atlet putri peraih medali perak di Porprov X lalu. Sama halnya dengan peserta lainnya, lolos dan wakilkan Riau di dua iven regional tersebut. Kans tim catur putri cukup berat, tapi kita tetap harus optimis," ungkap pelatih Percasi Siak yang mengenakan seragam Percasi Siak.

Pecatur putri Siak, Anita Francisca Tinambunan mengaku senang bisa ikut seleksi atlet catur ini. Anita yang bekerja disalah satu perusahaan swasta di Riau ini mengaku ada tantangan tersendiri bersaing dengan pecatur-pecatur terbaik Riau.

"Buat saya ada rasa bangga bisa bersaing dengan pecatur-pecatur terbaik Riau di seleksi kali ini. Ini pengalaman dan tantangan tersendiri buat saya, apalagi jika lolos dan wakilkan Riau," ujar Anita mengakhiri wawancara dengan iniriau.com sebelum seleksi atlet catur dimulai.

Percasi Riau mempersiapkan 12 kuota bagi atlet-atlet catur Riau untuk bertanding di PORWIL dan Pra PON 2023. Pecatur putri Riau akan bertanding di Pra PON, sementara pecatur putra Riau akan berlaga di PORWIL Jambi.**


    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis