Wardan Ungkap Penghambat Distribusi Sembako di Inhil dalam Rapat TPID

Wardan Ungkap Penghambat Distribusi Sembako di Inhil dalam Rapat TPID
Bupati Inhil HM Wardan (foto: istimewa)

iniriau.com, PEKANBARU - Bupati Inhil HM Wardan dalam rapat TPID, Senin, 5 Desember 2022 di Pekanbaru. Dalam rapat tersebut Wardan menyampaikan 
penyebab terhambatnya distribusi sembako ke Kabupaten Indragiri Hilir hingga ini. Dimana penyebab terhambatnya distribusi sembako yaitu  infrastruktur jalan.

Menurutnya jalur lintas masuknya arus sembako merupakan akses utama pendistribusian terutama dari daerah Sumatera Barat. Akibat jalan yang rusak, mobil pengangkut antre panjang sehingga distribusi sembako ke daerah itu sering tersendat.

“Masalah jalan rusak berat menjadi kendala utama dalam pendistribusian sembako di Inhil,” kata Bupati Inhil Wardan, Senin (5/12/2022).

HM Wardan menyebut, saat ini distribusi sembako ke daerah itu kerap mengalami keterlambatan akibat kendaraan angkutan yang harus mengantre lama saat melalui jalan rusak. 

“Jalan yang menghubungkan Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir itu kondisinya kan kecil dibandingkan jalan lain,” katanya

Selain itu kondisinya padat dilalui angkutan batu bara, akibatnya jalan menjadi rusak dan pengiriman komoditas sembako jadi terhambat Wardan  mengakui distribusi sembako dari luar daerah khususnya Sumatra Barat ke Inhil, harus melalui jalan tersebut. 

“Sehingga dengan kondisi kemacetan panjang mengakibatkan distribusi bahan pangan terganggu, yang akhirnya bisa memicu kenaikan harga jual dan mendorong inflasi,”tutupnya.**

Berita Lainnya

Index