Pemdes Sungai Rambai Alokasikan DD Ketahanan Pangang dengan Kebun Sayuran

Pemdes Sungai Rambai Alokasikan DD Ketahanan Pangang dengan Kebun Sayuran
Kepala Desa Sungai Rambai Anton Syaputra (foto: istimewa)

iniriau.com,Kuansing - Pemerintah Desa (Pemdes) Sungai Rambai, Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, merealisasikan program ketahanan pangan pada sektor pertanian.

Kepala Desa Sungai Rambai Anton Syaputra mengatakan, dimasa pandemi ini, perekonomian masyarakat sangat anjlok. Sehingga pemerintah berupaya mencarikan solusi, agar masyarakat tetap bisa memenuhi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari hari. Maka dari itu, dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat tersebut diwajibkan setiap desa untuk mengalokasikan  untuk ketahan pangan.

Dari anggaran yang telah disediakan pemerintah tersebut, maka berdasarkan hasil musyawarah desa, pemerintahan desa bersama masyarakat sepakat untuk membuat kebun sayuran. Diantaranya kacang panjang, mentimun, labu manis, pitulo dan bayam.

"Untuk tahun ini kita mengalokasikan dana untuk ketuhanan pangan sebesar Rp 25.000.000, dana tersebut, sudah kita salurkan kepada masyarakat," kata Anton.

Kemudian Anton juga mengatakan progam ketahanan pangan ini sangat diminati masyarakat Sungai Rambai, selain dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, progam ini juga dapat meningkatkan sikap bergotong Royong antar sesama masyarakat,l. Hal itu terlihat dari antusias masyarakat desa sungai Rambai hadir saat melakukan pembersihan lahan. 

"Semoga dengan adanya program ketahanan pangan ini diharapkan hendaknya dapat membantu roda perekonomian di desa, sebab hasil pertanian ini, selain bisa dijual langsung ke masyarakat, hasil ini juga bisa lansung dibawa ke pasar," tutup Anton.(Adv)

Berita Lainnya

Index