Menyongsong Persalinan Aman, UPT Puskesmas Teluk Pinang Beri Edukasi pada Ibu Hamil

Menyongsong Persalinan Aman, UPT Puskesmas Teluk Pinang Beri Edukasi pada Ibu Hamil
Kelas ibu hamil Puskesmas Teluk Pinang Kabupaten Inhil (foto: istimewa)

iniriau.com, INHIL - UPT Puskesmas Teluk Pinang terus melakukan edukasi dan memberikan pemeriksaan USG kehamilan secara gratis bagi ibu hamil setiap bulannya. Program Kelas Ibu Hamil ini merupakan salah satu bagian dari Inovasi UPT Puskesmas Teluk Pinang yaitu PAPAN SELANCAR (Pemantauan dan Pemeriksaan Antenatal Care agar Ibu dan Bayi Sehat dan Persalinan Lancar).

Menurut Plt Kepala UPT Puskesmas Teluk Pinang, Suharmin, SKM, MM kegiatan kelas ibu hamil ini merupakan salah satu bagian dari Inovasi UPT Puskesmas Teluk Pinang yaitu PAPAN SELANCAR (Pemantauan dan Pemeriksaan Antenatal Care agar Ibu dan Bayi Sehat dan Persalinan Lancar).

"Untuk menyongsong persalinan yang aman dan nyaman, UPT Puskesmas Teluk Pinang juga melakukan edukasi dan penyuluhan terhadap ibu hamil, tentang hal-hal yang berhubungan dengan kehamilan dan kesiapan menuju persalinan," ungkapnya.

Selain itu, Puskesmas Teluk Pinang juga melakukan pelayanan pemeriksaan gigi dan mulut bagi ibu hamil, serta melaksanakan senam ibu hamil.

"Perlu dipahami, bahwa setiap wanita hamil mempunyai risiko komplikasi dan berhak mendapatkan akses terhadap pelayanan asuhan kehamilan, persalinan, dan nifas yang berkualitas," tambahnya.

"Ante Natal Care (perawatan selama kehamilan) menjadi satu bagian yang tak terpisahkan dalam mengupayakan kehamilan yang sehat baik bagi ibu maupun bagi sang buah hati," jelas Suharmin, Selasa (22/11/2022).

Sementara itu Bidan Koordinator UPT Puskesmas Teluk Pinang Sandhita Akita Rinaldy mengungkapkan, Kelas Ibu Hamil UPT Puskesmas Teluk Pinang ini rutin di laksanakan setiap bulannya. Hal ini untuk menarik minat ibu hamil dalam mengikuti kegiatan ini, kami memberikan pelayanan pemeriksaan dengan USG Kehamilan gratis bagi setiap ibu hamil yang datang.

"Untuk menarik minat ibu hamil dalam mengikuti kegiatan ini, kami memberikan pelayanan pemeriksaan dengan USG Kehamilan gratis bagi setiap ibu hamil yang datang," ujarnya.(Adv)

Berita Lainnya

Index