15 Jumadil Awwal 1444 H | Jumat, 9 Desember 2022
Antisipasi Covid-19 Omicron XBB, Jam Besuk Tahanan Diperketat
hukum | Selasa, 22 November 2022
Editor : Betty Ismail | Reporter : Jri

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Mhd. Jahari Sitepu (foto: istimewa)

iniriau.com,PEKANBARU - Antisipasi lonjakan kasus Covid-19 subvarian Omicron XBB, petugas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Riau agar kembali memperketat jadwal kunjungan tatap muka. 

Prioritas jam besuk hanya diperuntukan bagi keluarga inti. seperti ayah, ibu, istri, anak, atau saudara kandung. Mereka yang masuk dalam status keluarga inti itu, wajib memperlihatkan kepada petugas dengan kartu keluarga dan KTP. 

"Saya minta jajaran di lapas dan rutan perketat menerima kunjungan. Prioritas cuma bagi keluarga inti," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Mhd. Jahari Sitepu, Selasa (22/11/22). 

Tidak itu saja, pengunjung sudah melaksanakan vaksin booster atau menunjukkan antigen dengan hasil tes negatif, Itu pun tatap muka hanya diperbolehkan sekali dalam seminggu.

Bagi jajaran lapas dan rutan, diminta untuk benar-benar melaksanakan aturan kunjungan tatap muka bagi warga binaan tersebut. Kakanwil Kemenkumham berharap jangan sampai terulang kembali kehebohan lagi di lapas dan rutan soal Covid-19 mewabah seperti tahun-tahun lalu. 

"Semua harus peduli, semua harus disiplin. Yang belum divaksin, agar segera divaksin. Pengunjung yang tak memenuhi persyaratan, agar dilarang masuk,” ungkap Jahari. 

Selain itu, Kakawil juga meminta jajaran Imigrasi yang ada di pos perbatasan jangan sampai lengah. Pengetatan pemeriksaan wajib dilakukan dengan memeriksa suhu tubuh, kesehatan, dokumen kesehatan sudah divaksin atau penggantinya. 

Pada kesempatan ini, Jahari juga mengingatkan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti wajib menggunakan masker, mencuci tangan dengan antiseptic, serta tidak berkerumun.

“Ini peringatan bagi kita semua bahwa Covid-19 masih ada. Dimana-mana kasusnya sedang melonjak lagi, bukti masyarakat sudah mulai kendor disiplin protokol kesehatan," ujar Jahari.**


    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis