14 Jumadil Awwal 1444 H | Kamis, 8 Desember 2022
KPU Pekanbaru Sosialisasikan Tahapan Pemilu Serentak 2024 pada Media dan Organisasi Pers
politik | Rabu, 16 November 2022
Editor : Betty Ismail | Reporter : NN

Ilustrasi-internet

Iniriau.com, Pekanbaru-Komisi Pemilu Umum (KPU) Kota Pekanbaru, menyelenggarakan sosialisasi tahapan Pemilu 2024 kepada media dan organisasi pers, Selasa (15/11) di The Peak Apartement. Dari kegiatan sosialisasi ini terungkap bahwa persoalan pendataan penduduk  dan hak pilih warga masih akan menjadi persoalan klasik, yang bisa menimbulkan kerawanan jika tidak mendapat perhatian serius.

Misalnya warga ber-ktp Pekanbaru, tetapi tinggal di Kampar. Biasanya pantarlih  Kampar tidak mau mendata mereka karena masalah administrasi kependudukan. Akhirnya warga tersebut tidak termasuk daftar pilih. Dan ini akan menjadi bom waktu karena mendekati pemilu warga ramai-ramai akan menuntut hak pilih mereka.

"Salah satu tugas Bawaslu adalah menjaga hak pilih warga,   jangan sampai ada hak pilih yang terabaikan. Ada sekitar 1.000 atau bahkan lebih warga yang seperti ini, mereka tidak terdata sebagai pemilih, dan tidak punya hak pilih," ujar Anggota Bawaslu Pekanbaru, Yasrif Yakub Tambusai, dalam acara "Coffee Night Bersama Media dalam Rangka Menyukseskan Pemilu Serentak Tahun 2024."

Yasrif meminta pers ikut membantu mengatasi persoalan ini, dengan cara mendorong pemerintah agar serius menyelesaikannya. Jika tidak, ini akan selalu jadi momok dalam setiap penyelenggaraan pemilu.

"Pers lewat tulisan dan berita harus berperan besar mendorong pemerintah kedua belah pihak, yakni Pekanbaru dan Kampar untuk bersama-sama menyelesaikan masalah ini. Jika perlu Pemprov Riau sebagai mediator," ujar Yasrif.

Tahapan Pemilu 2024 Dimulai

Ketua KPU Pekanbaru, Anton Merciyanto, S.Si di awal acara menyampaikan tahapan pemilu serentak tahun 2024 telah dimulai pada Juli lalu, dan akan berakhir pada puncaknya, 14 Februari 2024, saat dilakukan pemungutan suara.

Menurut Anton, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengumumkan hasil verifikasi administrasi dan perbaikan berkas administrasi partai politik calon peserta Pemilu 2024. Verifikasi administrasi dilakukan terhadap 24 partai politik yang berkas pendaftarannya dinyatakan lengkap oleh KPU RI.

Dari 24 yang mendaftar, 18 partai politik dinyatakan lolos,  dan enam parpol gugur, dan sembilan parpol dinyatakan lulus verifikasi faktual.

"Pendaftaran parpol dimulai 14 Desember,  sedangkan dari penetapan kursi, untuk Pekanbaru akan bertambah jadi 50 kursi dari 45 kursi sebelumnya. Ini sesuai peningkatan jumlah penduduk Pekanbaru yang saat ini sudah mencapai satu juta lebih," jelas Anton. 

Sebagai konsekwensi dari pemekaran wilayah,  Pekanbaru akan dipecah satu dapil lagi yakni Pekanbaru 4. Sesuai  tahapannya, KPU juga akan memulai pencalonan anggota DPD pada 6 Desember, sedangkan untuk pencalonan anggota DPR dan DPR RI dimulai pada tahun depan.

"Rencananya tahun ini kita mulai lakukan rekrutmen panitia Ad Hoc,  yakni untuk panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS). Rekrutmen panitia Ad Hoc kali ini menggunakan aplikasi SIAKBA, ini hal baru karena tidak ada di pemilu sebelumnya," ujar Anton.

Untuk seluruh rangkaian tahapan Pemilu Serentak, Anton berharap pers berperan besar ikut menyukseskannya. Yakni dengan cara mensosialisasikannya ke masyarakat.

"Kami sangat berharap peran pers dalam menyukseskan pemilu serentak tahun 2024, lewat pemberitaan yang menggugah kesadaran masyarakat untuk pro aktif dalam pendataan maupun sampai hari pencoblosan," ujar Anton.

Pers juga diharapkan ikut mengawal jalannya setiap proses dan  hasil pemilu.*

Berikut tahapan Pemilu 2024

1. Pendaftaran dan verifikasi calon peserta Pemilu pada 29 Juli hingga 13 Desember 2022.

2. Penetapan peserta Pemilu pada 14 Desember 2022.

3. Pencalonan anggota DPD pada 6 Desember 2022 hingga 25 November 2023.

4. Pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota pada 24 April 2023-25 November 2023.

5. Pencalonan presiden dan wakil presiden pada tanggal 19 Oktober 2023 hingga 25 November 2023.

6. Kampanye selama 75 hari mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

7.Pemungutan suara Pemilu 2024 diselenggarakan pada 14 Februari 2024. 

Sumber : KPU RI


    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis