14 Jumadil Awwal 1444 H | Kamis, 8 Desember 2022
Besok, KPU Mulai Perekrutan PPK, Ini Link dan Cara Daftarnya
politik | Senin, 14 November 2022
Editor : Betty Ismail | Reporter : NN

Ilustrasi-internet

iniriau.com, PEKANBARU -Perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Panitia Pemungutan Suara (PPS) bakal digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, Selasa (15/11/2022). Menurut Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir mengatakan, perekrutan badan adhoc tingkat kecamatan tersebut berlangsung selama satu bulan setengah.

"Perekrutan PPK akan dimulai besok Selasa, 15 november 2022 sampai 1 januari 2023," kata Ilham, Senin (14/11/2022).

Sedangkan perekrutan PPS dimulai sejak 1 Desember 2022 sampai 15 Januari 2023. Untuk PPK dan PPS, syarat usia minimal 17 tahun. Dimana syarat usia minimal kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) 17 tahun dan syarat usia maksimalnya 55 tahun. Ini dilakukan guna mengantisipasi tragedi Pemilu tahun 2019 yang banyak merenggut nyawa.

" Untuk KPPS minimal usia 17 dan maksimal 55 tahun," ujar Ilham,.

Hal tersebut, menurut Ilham, tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota.

Adapun kebutuhan PPK tiap kecamatan berjumlah lima orang. Untuk tingkat desa atau kelurahan yakni PPS diperlukan tiga orang. Dan di tingkat KPPS di TPS tujuh orang.

Sementara cara daftarnya, yaitu pertama  kunjungi web SIAKBA: siakba.kpu.go.id. Bagi pendaftar yang belum memiliki akun, silakan membuat akun dengan menekan (belum punya akun). Selanjutnya, jika sudah membuat akun, masuk kembali ke web SIAKBA dan login dengan akun yang sudah dibuat. Sebelum melanjutkan pendaftaran, pendaftar diminta untuk melengkapi identitas sesuai dengan KTP.

 Dalam form tersebut, pendaftar harus menyiapkan foto, NIK, Nomor BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, NPWP, Nomor telepon serta alamat tempat tinggal. Selanjutnya pilih menu (Daftar).Kemudian pendaftar memilih jenis seleksi yang ingin dilamar (PPK/PPS). Selanjutnya lengkapi form biodata serta riwayat hidup dengan benar. Kolom bertanda bintang merah wajib diisi. Jika ada data yang tidak perlu diisi serta tidak wajib diisi, boleh diisi dengan garis datar (-). Jika telah mengisi seluruh form, pilih (simpan dan lanjutkan).

Kemudian unggah semua dokumen yang diminta, seperti surat pendaftaran, surat pernyataan dan daftar riwayat hidup. Dokumen berupa PDF, sedangkan KTP dan Pas foto berbentuk JPG atau JPEG. Formulir dapat diunduh dari halaman yang sama. Jika sudah mengunggah semua dokumen, klik (kirim). Proses selesai. Pendaftar menunggu pendaftaran diverifikasi, pemberitahuan akan dikirim melalui email yang telah didaftarkan.**


    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis