3 Rabiul Awwal 1444 H | Kamis, 29 September 2022
Nilai PPDB SMA Amburadul, LLMB Minta Kabid SMA Disdik Riau dan Dua Kepsek Dicopot
pendidikan | Kamis, 8 September 2022
Editor : Betty Ismail | Reporter : Jri

LLMB gelar aksi tuntut Kadisdik Riau copot kepsek dan Kabid (foto: istimewa)

iniriau.com, PEKANBARU - Prihatin dengan sistem penerimaan pelajar SMA, Puluhan massa dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Laskar Melayu Bersatu (LLMB) Pekanbaru gelar aksi demo di Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau.

Aksi ini dilakukan karena massa LLMB menyuarakan keprihatinan atas sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)   pelajar SMA di yang dianggap amburadul. Dalam aksi ini  massa LLMB membentangkan spanduk,  meminta kepada Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Riau M Job Kurniawan, agar Kabid SMA yang juga Ketua Penerimaan Pelajar Didik Baru (PPDB) Online, Aristo, dicopot dari jabatannya.

"Kami Lembaga Laskar Melayu Bersatu menyatakan sikap kepada Dinas Pendidikan Provinsi Riau, untuk memecat Aristo dari jabatannya sebagai Kabid SMA Disdik Riau," kata Panglima Muda DPD LLMB Pekanbaru Datuk Muhammad Uzer, Kamis (8/9/22). 

Alasan LLMB meminta Aristo dicopot dari jabatannya, karena adanya pelanggaran Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Juknis Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022. 

Menurut Pendemo, saat ini banyak masyarakat terpaksa harus putus sekolah akibat tak bisa bersekolah. Adanya permainan oknum tertentu yang meloloskan siswa, yang justru secara zonasi lebih jauh dari siswa yang gagal masuk. 

Selain itu, pendemo juga meminta kepada  Pit Kepala Disdik Riau mencopot Kepala  SMAN 1 Wan Rosita, Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Pekanbaru, Eimi Gurita. 

Adanya dugaan pelanggaran dalam ketentuan dalam penerimaan siswa di sekolah yang dipimpinnya juga menjadi alasan.

Kemudian, massa LLMB juga menuntut agar  masyarakat miskin dan anak yatim untuk memperoleh pendidikan yang layak, sesuai denga sekolah yang ditujunya sesuai dengan proses PPDB Tahun Pelajaran 2022/2023 yang tidak terjaring yang memiliki bukti daftar sesuai dengan sekolah yang ditujunya.


    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis