3 Rabiul Awwal 1444 H | Kamis, 29 September 2022
Gubri Usulkan Dua Nama Tokoh Jadi Pahlawan Nasional
adv | Senin, 15 Agustus 2022
Editor : Betty Ismail | Reporter : NN

Gubernur Riau Syamsuar (foto: istimewa)

iniriau.com,PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan bahwa Provinsi Riau tahun ini mengusulkan dua nama tokoh perjuangan menjadi Pahlawan Nasional.

Gubri menerangkan, dua tokoh yang diusulkan tersebut adalah Marhum Pekan atau Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah dari Kota Pekanbaru. 

Marhum Pekan adalah pendiri Kota Pekanbaru, ibu kota Provinsi Riau. Sultan kelima Kerajaan Siak Sri Indrapura ini memerintah pada tahun 1780-1782. Dia diketahui wafat pada 1782 M.

Tokoh kedua Mahmud Marzuki dari Kabupaten Kampar. Ia lahir pada tahun 1915, di Desa Kumantan, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar. Meninggal dunia pada 5 Agustus 1946. 

Mahmud Marzuki adalah seorang pendakwah, politikus dan pejuang Riau. Ia merupakan orang pertama yang mengibarkan Bendera Merah Putih pasca kemerdekaan Indonesia di Kampar.

"Kedua nama tokoh tersebut telah disampaikan ke pusat. Berdasarkan informasinya Mahmud Marzuki yang memenuhi syarat dan sudah dilakukan verifikasi. Mohon doanya semoga salah satu dari dua nama itu ditetapkan Pahlawan Nasional," ujarnya, saat temu ramah bersama veteran Riau, di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (15/8/22).

Gubri mengungkapkan, pihaknya telah berupaya bagaimana supaya nama-nama tokoh tersebut ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional sehingga semakin bertambah Pahlawan dari Riau.

Ia mengatakan, tokoh Riau tersebut dinilai layak untuk mendapatkan pengakuan sebagai Pahlawan Nasional. Karena mempunyai pengaruh dan jasa-jasa besar bagi tanah air, khususnya Provinsi Riau.

"Dari apa yang terima informasinya, nominasinya ada delapan orang, termasuk satu orang dari Riau," sebutnya.
 
 "Mohon doa restu agar ada dari Riau," ungkapnya.

Syamsuar menambahkan, segenap masyarakat Riau khususnya dan Bangsa Indonesia pada umumnya mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas jasa para pahlawan yang tak ternilai bagi bangsa.

"Jasa para pahlawan tidak ternilai harganya," tutupnya. 
 
Untuk diketahui, Provinsi Riau telah memiliki beberapa Pahlawan Nasional. Di antaranya adalah Tuanku Tambusai. Tuanku Tambusai lahir pada 5 November 1784 di Desa Dalu-dalu, Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Ia meninggal dunia pada 12 November 1882 di Seremban, Negeri Sembilan, Malaysia.

Selanjutnya, Sultan Assyaidis Syarif Kasim Sani Abdul Jalil Syarifuddin atau dikenal dengan Sultan Syarif Kasim II. Lahir pada 1 Desember 1893 di Kabupaten Siak Sri Indrapura. Sultan Syarif Kasim meninggal dunia pada 23 April 1968 di Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru.(Adv)


    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis