Harga Bawang Merah di Pekanbaru Mulai Turun, Pembeli Bersyukur

Harga Bawang Merah di Pekanbaru Mulai Turun, Pembeli Bersyukur
Pedagang yang menjual bawang dan cabai merah di pasar Tangor Pekanbaru. (foto: Fara)

iniriau.com, PEKANBARU – Setelah sempat naik beberapa hari, Perlahan-lahan harga sembako di sejumlah  pasar dan warung di kota Pekanbaru  mulai mengalami penurunan, namun belum begitu signifikan. Salah satunya yaitu bawang merah.

Bawang merah mengalami penurunan harga dari yang semula Rp40 ribu per kilogram, kini Rp21 ribu per kilogram. Meski begitu masih ada beberapa komoditi bahan pangan yang harganya masih tinggi.

Dari pantauan iniriau, di pasar Tangor Pekanbaru, Jumat (5/8/22), harga bawang merah turun dari Rp44 ribu per kilogram menjadi Rp21 ribu per kilogram. Sedangkan untuk cabai merah dari Rp 110 ribu per kilogram menjadi Rp80 ribu per kilogram.

Kenaikan harga beberapa waktu lalu diakui pedagang akibat faktor cuaca kemarau beberapa waktu lalu.

“Faktor cuaca kemarin cukup berpengaruh terhadap cabai merah dan sayur mayur lainnya. Pembelipun sepi. Tapi akhir-akhir ini pembeli sudah mulai ramai kembali karena sudah ada beberapa harga yang turun,” kata Rio (28) seorang pedagang cabai merah dan bawang di pasar Tangor Pekanbaru.

“Alhamdulillah udah banyak yang turun harganya. Semoga harga jangan naik terlalu tinggi, kita masyarakat yang susah, mau beli ini semua serba mahal,” ujar salah satu pembeli.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan beberapa komoditi bahan pangan memang sudah mulai mengalami penurunan.

“Jika nanti ada pedagang yang mengambil keuntungan diluar kewajaran, pihak kami akan turun bersama dengan Satgas Pangan untuk melihat apakah terjadi unsur monopoli atau tidak,” pungkasnya.**

Berita Lainnya

Index