3 Rabiul Awwal 1444 H | Kamis, 29 September 2022
Mengenal Lebih Dekat Pulau Aoshima. Pulau Sejuta Kucing
style | Jumat, 5 Agustus 2022
Editor : Fara Amelia | Reporter : Wit

Kucing berkerumun saat penduduk pulau memberi mereka makan di Aoshima, Jepang. (foto:int)

iniriau.com, JAKARTA – Bagi anda pecinta kucing , pulau Aoshima patut menjadi tujuan wisata. Karena populasi kucing disana melebihi manusia

Aoshima adalah sebuah pulau di Prefektur Ehime yang awalnya merupakan tempat bermigrasi orang Jepang sekitar 380 tahun yang lalu. Karena letaknya di pesisir, mereka membuat Desa Nelayan.

Menurut cerita, para nelayan di Aoshima sering kesulitan karena umpan cacing yang mereka gunakan untuk menangkap ikan habis dimangsa tikus. Karena itulah warga yang berdatangan membawa banyak kucing untuk mengusir hama tikus.

Seperti dikutip dari laman CNBC Indonesia, Pada tahun 1945, pulau ini dihuni sekitar 900 orang. Namun, kini Pulau Aoshima hanya dihuni kurang dari 20 orang dengan total ratusan kucing.

Pulau yang dijuluki 'Cat Island' itu memiliki jumlah kucing yang lebih banyak dari jumlah manusia di sana. Konon, karena penduduk lanjut usia di pulau itu telah banyak meninggal, rasio kucing dan manusia telah meningkat pesat menjadi hampir 36:1.

Tak heran bila berkunjung ke pulau ini, pengunjung akan lebih sering melihat kucing-kucing yang menguasai jalanan, berkeliaran di batuan pantai, dan tempat-tempat lainnya.

Karena populasi kucing yang lebih besar dari manusia ini lah Aoshima kemudian menjadi sebuah daya tarik wisata. Setiap hari, ada saja wisatawan yang datang untuk melihat langsung bagaimana kucing liar yang hidup di sana.

Kucing-kucing tersebut bertahan hidup dari berbagai makanan sisa atau pemberian wisatawan. Ada saja, wisatawan yang memberikan makanan atau snack yang dikonsumsi kepada 'penghuni'.

Untuk menuju pulau Aoshima, pengunjung bisa menggunakan kereta atau kapal, sekitar 10 jam perjalanan, dari Tokyo.*

 


    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis