3 Rabiul Awwal 1444 H | Kamis, 29 September 2022
UIR Jadi Tuan Rumah Kegiatan Penyamaan Persepsi Serta Tes Calon Asesor BKD 2022
pendidikan | Kamis, 28 Juli 2022
Editor : Betty Ismail | Reporter : NN

UIR jadi tuan rumah kegiatan penyamaan persepsi serta tes Calon Asesor BKD 2022 (foto: istimewa)

iniriau.com, PEKANBARU - Universitas Islam Riau (UIR) menyelenggarakan kegiatan Persamaan Persepsi dan Tes Seleksi Calon Asesor Beban Kerja Dosen (BKD) Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan Kamis (28/7/2022) secara hybrid melalui aplikasi zoom meeting. Selain itu juga secara luring di Ruang Sidang Lantai 2 Gedung Rektorat Universitas Islam Riau.

Kegiatan tersebut merupakan inisiatif dari Universitas Islam sebagai salah satu perguruan tinggi di LLDIKTI Wilayah X. Kegiatan yang menghadirkan instruktur dari Kemendikbud Ristekdikti tersebut dilaksanakan selama satu hari secara daring yang diikuti oleh 110 peserta yang merupakan calon dosen asesor yang terdiri dari beberapa perguruan tinggi swasta yang ada di LLDIKTI Wilayah X seperti Universitas Islam Riau, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Pasir Pengaraian, Universitas Hang Tuah Riau, dan beberapa universitas lainnya.

Ketua Pelaksana Dr. H. Syafhendry, M.Si menyampaikan dalam sambutannya terkait jumlah peserta yang mengikuti seleksi calon asesor dan bagaimana sistematis penilaian dan rangkaian kegiatan.

“Pada kegiatan hari ini ada sekitar 110 peserta yang terdiri dari dosen - dosen dari perguruan tinggi yaitu sebagai tuan rumah UIR mengirimkan 94 dosen, UMRI 11 orang, UPP 3 orang, Universitas Hang Tuah 4 orang. Adapun tes yang dilakukan akan berlangsung selama satu hari saja, lalu akan diadakan kegiatan tes kompetensi dan tes Keterampilan calon asesor dan bagi peserta yang lulus tentunya akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari Kemendikbud Ristekdikti, mengingat UNP sangat kekurangan asesor BKD” ujar Syafhendry.

Turut hadir Rektor Universitas Islam Riau Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H.,M.C.L pada sambutannya mengatakan kegiatan penyamaan persepsi dan seleksi asesor BKD 2022 kali ini tidak hanya diikuti oleh UIR saja tetapi turut juga diikuti oleh perguruan tinggi yang masuk ke dalam ruang lingkup APTISI Wilayah X-B.

"Kami harapkan semoga semua calon asesor yang mengikuti tes seleksi bisa lolos semua sehingga kedepannya dapat membantu tugas dari DIKTI untuk sumbangsih meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia” kata Syafrinaldi.

Selanjutnya, hadir juga dalam rangkaian acara Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma, S.H., M.Pd  sekaligus membuka acara penyamaan persepsi dan seleksi asesor BKD 2022. Dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran pimpinan Universitas Islam Riau karena telah berinisiatif melaksanakan kegiatan.

“Berdasarkan jumlah asesor yang masih terbatas dan cakupan penyebarannya yang masih belum luas. Sehingga kami harapkan dengan adanya seleksi asesor pada hari ini dapat menjadikan percepatan jumlah asesor di wilayah kerja LLDIKTI wilayah X serta terjadi pemerataan jumlah asesor sesuai dengan ruang lingkup program studi yang dibutuhkan” ungkapnya

Dalam kegiatan Penyamaan Persepsi dan tes calon asesor ini, menghadirkan narasumber pusat. Diantaranya Iwan Winardi yang memaparkan terkait “Arah Kebijakan BKD 2022”, Prof. Zainal Arief menjelaskan tentang “Matrik Pedoman Operasional BKD Tahun 2022” dan Mahendra Pratama  “Aplikasi Sister BKD”.

Pada siang harinya kegiatan lalu dilanjutkan dengan tes kompetensi dan tes keterampilan yang dilakukan tim dari Kemenristekdikti RI terhadap dosen - dosen yang merupakan calon asesor BKD 2022.**


    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis