3 Rabiul Awwal 1444 H | Kamis, 29 September 2022
Prof Sri Indarti, Anak Kampung yang Jadi Rektor Perempuan Pertama di Riau
pekanbaru | Rabu, 27 Juli 2022
Editor : Fara Amelia | Reporter : NN

Prof Dr Sri Indarti SE MSi (foto: ist)

iniriau.com, PEKANBARU - Seperti telah diperkirakan sebelumnya, Prof Dr Sri Indarti SE MSi, yang menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Riau, terpilih menjadi Rektor Universitas Riau (UNRI) periode 2022-2026. Prof  Dr Sri mengungguli dua kandidat lainnya pada pemilihan Senat Unri, Rabu (27/7), yakni Dr. Ir. Deni Efizon MSc yang meraih 14 suara dan Prof Dr H Iwantono, M Phill dengan 15 suara.
 
Dalam pemilihan yang dihadiri perwakilan dari Kementerian Dikbud Ristek itu, Prof Sri memperoleh 48 suara, dari total 77 suara pemilih. Sri juga memperoleh dua pertiga suara milik kementerian yang memberikan dukungan kepadanya.
 
Karir akademik Prof Dr Sri Indarti SE MSi dimulai ketika ia diamanahkan sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau selama dua periode, yakni dari 2014 hingga tahun 2023 mendatang.
 
Sebelumnya Prof Sri Indarti menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Manajemen tahun 2001-2003, Ketua Jurusan Manajemen dua periode, Ketua Program Studi S2 Manajemen, dan juga sebagai Wakil Dekan I (Bidang Akademik) FEB UNRI Periode 2010-2014.

Perempuan  kelahiran Sungai Salak, Indragiri Hilir,  9 April 1965 ini adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Sejak kelas 1 SMP, Sri sudah terbiasa hidup mandiri dan jauh dari orang tua.

“Saya ini orang kampung. Masa sekolah saya tinggal di desa dan jauh dari kota," ujar Prof Sri.Untuk mencapai sekolahan, butuh waktu satu malam bagi Sri kecil dengan naik kapal.

Sri termasuk anak yang gigih, ulet dan cerdas. Setelah lulus SMP Negeri 1 Rengat, dan SMA Negeri 8 Pekanbaru, ibu dua anak ini melanjutkan jenjang pendidikan  dengan hasil yang selalu memuaskan. Ia melanjutkan study S1 nya di jurusan Manajeman FEB UNRI dan lulus pada tahun 1987. Tahun 1988 Sri menjadi dosen jurusan Manajemen FEB UNRI, yang sekaligus mengawali karir akademiknya.

Sri melanjutkan pendidikan S2 nya di Universitas Andalas Padang,  dan S3 di Universitas Brawijaya, Malang.

Sebagai seorang pengajar, Sri memiliki sebuah komitmen dengan dirinya, yakni bekerja  dengan penuh rasa tanggung jawab, sungguh-sunggguh dan amanah.

"Itu prinsip saya dalam bekerja, tanggung jawab, sungguh-subgguh dan amanah,"  ujar Prof Sri Indarti.

Dan hasil dari komitmen dengan dirinya itu ia rasakan kini, saat Prof Sri, anak kampung itu dipercaya dan diamanahkan menjadi Rektor Universitas Riau, sekaligus perempuan pertama di Riau yang memimpin sebuah Perguruan Tinggi. **


    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis