Anggota Komisi IV DPRD Inhil Upayakan Percepatan Terlaksananya PUG. 54 OPD Hadiri Bimtek

Anggota Komisi IV DPRD Inhil Upayakan Percepatan Terlaksananya PUG. 54 OPD Hadiri Bimtek
Sejumlah OPD turut hadir dalam kegiatan Bimtek PPRG OPD. (foto:int)

iniriau.com, INDRAGIRI HILIR – Dalam rangka upaya percepatan terlaksananya pengarusutamaan gender (PUG), Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Indragiri Hilir Hj Okta Hasanatan SAg hadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) PPRG OPD yang ditata oleh Pemkab Inhil di Hotel IP Tembilahan, Senin (18/7/22).

PUG merupakan strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender dalam berbagai aspek kehidupan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Inhil menggelar Bimtek Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Tahun 2022.

Kegiatan Bimtek ini diikuti sebanyak 54 peserta dari masing-masing perencana OPD. 20 orang dari Kecamatan dan 34 orang fungsional. Kegiatan yang dipusatkan di Hotel IP Tembilahan tersebut turut dihadiri Unsur Forkopimda Inhil, Asisten I H Tantawi Jauhari, Ketua TP PKK Inhil Hj Zulaikhah Wardan, Inspektur Inspektorat, Kadis DP2KBP3A, Camat dan para Peserta Bimtek.

Dalam arahannya, Bupati Inhil HM Wardan menekankan kepada Pokja PUG dan OPD Driver untuk dapat mengarahkan dan memantau terlaksananya perencanaan dan penganggaran responsif gender di OPD yang tertuang di dalam dokumen Gender Analisis Pathway (GAP), Gender Budget Statement (GBS), dan Terms of Reference (TOR) kegiatan.

Selanjutnya, kepada peserta Bupati mengharapkan untuk mengikuti Bimtek ini dengan sungguh-sungguh, sehingga betul-betul paham didalam menyusun dokumen perencanaan dan penganggaran responsif gender di OPD masing-masing melalui penyusunan GAP, GBS, dan TOR kegiatan, yang akan dilatih dalam pelaksanaan bimtek ini.* (adv)

Berita Lainnya

Index