Gubri dan Bupati Rohil Sepakat Pembukaan MTQ Riau ke-40 Dibuat Secara Sederhana

Gubri dan Bupati Rohil Sepakat Pembukaan MTQ Riau ke-40 Dibuat Secara Sederhana
Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong saat meninjau arena MTQ Riau ke-40 di Batu Enam, Bagansiapiapi (foto: istimewa)

iniriau.com, ROHIL - Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Riau ke-40 yang akan berlangsung di Bagansiapiapi, mulai Minggu (24/7/2022) besok.

Sebagai tuan rumah, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengaku  pihaknya sangat terbuka,  mendengar dan memperhatikan setiap saran yang disampaikan berbagai pihak,  termasuk dari Gubernur Riau.

Untuk itu,  Afrizal Sintong memastikan tidak ada perbedaan pendapat dengan Gubernur Riau Syamsuar terkait pelaksanaan opening ceremonie atau pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Riau ke-40 tersebut.

"Kami menerima masukan dari pihak manapun. Jadi, tidak ada perbedaan pendapat dan pandangan berkaitan dengan acara pembukaan MTQ Riau ke-40 di Rokan Hilir," kata Afrizal Sintong Sabtu (23/7/2022) pagi.

Hal ini menepis adanya sejumlah berita mengenai adanya perbedaan pendapat antara Gubernur Riau Syamsuar dengan Bupati Rohil Afrizal Sintong selaku tuan rumah MTQ Riau ke-40. 

Perbedaan itu mengenai keinginan Gubri agar pelaksanaan pembukaan dibuat sederhana saja. Sementara di sisi lain menurut media, Pemkab Rohil ingin MTQ tersebut dilaksanakan secara meriah termasuk dengan menampilkan pesta kembang api pada saat pembukaan.

"Mengenai pembukaan MTQ Riau, kami sependapat dengan Bapak Gubernur. Jadi. Pembukaan dengan sederhana sesuai arahan Bapak Gubernur tanpa mengurangi kekhidmatan dan kemeriahan MTQ sebagai salah satu bentuk syiar Islam di Negeri Seribu Kubah ini," ungkap Bupati Afrizal Sintong.

Sementara Ketua LPTQ Riau H. Ahmad Syah Harrofie mengatakan MTQ Riau ke-40 yang akan dipusatkan di Batu Enam Baganpunak, Bagansiapiapi, Rokan Hilir, akan diikuti 583 peserta. Mereka berasal dari 12 kabupaten kota se Provinsi Riau, yang terdiri dari 581 peserta utama dan 2 cadangan.

"MTQ Riau kali ini dapat  diikuti oleh semua daerah yang ada di Riau.  Termasuk Meranti yang beberapa waktu lalu sempat menyatakan tidak ikut. Namun setelah kita lakukan koordinasi, alhamdulillah Meranti mengirimkan peserta terbaiknya pada MTQ kali ini walau tidak secara full," terang Ahmad Syah.

Sementara Kakanwil Kemenag Riau Mahyudin menambahkan, bahwa seluruh qori dan qoriah yang ikut dalam MTQ Riau di Rohil sekaligus juga akan berebut tiket untuk menuju MTQ Nasional 2022. Karena itu pula untuk pertama kalinya sistem penilaian MTQ ke-40 ini menggunakan teknologi informasi (IT). 

“Ada yang istimewa tahun ini, bahwa semua penilaian akan menggunakan IT dimana nilai peserta MTQ akan terlihat langsung di laman website setelah peserta tampil,” jelas Mahyudin usai memberikan sambutan pada  Penetapan dan Pengesahan Peserta MTQ XL Tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2022 beberapa waktu lalu. 

Peserta MTQ XL Provinsi Riau Tahun 2022 di Kabupaten Rokan Hilir masing-masing, dari Kabupaten Bengkalis 50 peserta, Kabupaten Indragiri Hilir 52 peserta dan 1 orang cadangan. Kabupaten Indragiri 52 peserta, Kabupaten Kampar 53 peserta dan Kabupaten Kep. Meranti 14 peserta. Selanjutnya
Kabupaten Kuantan Singingi 52 peserta, Kabupaten Pelalawan 52 peserta, Kabupaten Rokan Hilir 55 peserta dengan 1  orang cadangan,
Kabupaten Rokan Hulu 53 peserta. Kemudian Kabupaten Siak 53 peserta, Kota Dumai 44 peserta, Kota Pekanbaru 53 peserta. Dengan demikian total  ada 583 peserta dan 2 orang cadangan.

MTQ Riau ke-40 ini dijadwalkan akan dibuka oleh Gubernur Riau Syamsuar pada hari Minggu (24/7/2022) besok di Bagansiapiapi.**

Berita Lainnya

Index