Bahas Lima Poin, Tiga Menteri Bakal Hadiri Rakor Gubernur se Sumatera di Riau

Bahas Lima Poin, Tiga Menteri Bakal Hadiri Rakor Gubernur se Sumatera di Riau
Ilustrasi-internet

iniriau.com,PEKANBARU - Tiga menteri bakal hadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur se Sumatera di Provinsi Riau pada akhir Juni ini.

Ketiga menteri itu yakni, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Keuangan (Menkeu), Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Menteri PPN/Bappenas) RI.

"Agendanya tiga menteri akan hadir," kata Sekdaprov Riau, SF Hariyanto, Senin (27/6/22).

Ada pun untuk para gubernur yang diundang,   yakni Gubernur Aceh, Gubernur Sumatera Utara, Gubernur Sumatera Barat, Gubernur Kepri, Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Jambi, Gubernur Lampung, Gubernur Bengkulu serta Gubernur Bangka Belitung.

Pada 29 Juni, rangkaian acara sudah dimulai. Dimulai dengan Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) se-Sumatera. Sementara sehari setelahnya merupakan puncaknya kegiatan. Dimana para Gubernur se Sumatera dan tiga menteri akan duduk bersama.

"Tanggal 28 sudah mulai berdatangan. Karena pada 29 itu diawali pertemuan kepala Bappeda, besoknya baru puncak pertemuan para gubernur dan menteri," papar SF Hariyanto.

Pada pertemuan itu, akan membahas lima poin. Seperti, pertama soal pemerataan infrastruktur seperti jalur logistik trans sumatera, infrastruktur perbatasan dan truk Over Dimension Over Load (ODOL).

Kedua, hilirisasi sumber daya alam seperti komoditi perkebunan, holtikultura, perikanan, pertanian, dan kawasan industri.

Ketiga, penguatan jaringan pariwisata dan ekonomi kreatif seperti wisata halal, paket wisata antar provinsi, dan pengembangan ekonomi kreatif.

Keempat, percepatan penurunan stunting dan kemiskinan seperti ketahanan pangan, pelayanan kesehatan, pendidikan daerah perbatasan, dan pusat rujukan kesehatan nasional di Sumatera.

Kelima, pembangunan rendah karbon seperti pembangunan berkelanjutan, peningkatan bauran energi,  pengelolaan gambut dan mangrove.

Lebih lanjut, SF Hariyanto berharal  dari pertemuan itu, berdampak positif dengan Riau. Baik itu mengenai infrastruktur, pendidikan, pariwisata mau pun peningkatan ekonomi.**

Berita Lainnya

Index