3 Rabiul Awwal 1444 H | Kamis, 29 September 2022
Maju Ekonomi, 2 Potensi Untungkan Kesejahteraan Masyarakat Pelalawan
adv | Senin, 27 Juni 2022
Editor : Betty Ismail | Reporter : Lisa Ratna Sari

Iniriau.com, Pelalawan - Pemerintah Kabupaten Pelalawan di bawah kepemimpinan Zukri-Nasarudin sebagai Bupati-wakil bupati periode 2021-2024 memiliki Visi-Misi yang menjadi program kerjanya.

Adapun visi yang di bawa pasangan Zukri-Nasarudin ialah "Pelalawan Maju 2026". Sedangkan misi yang dibawanya ialah Maju SDM yang Agamis, Maju Ekonomi, Maju Infrastruktur, Maju Pariwisata dan Budaya, dan Maju Pemerintahan.

Terfokus kepada Maju Ekonomi, daerah Kabupaten Pelalawan memiliki banyak masyarakat yang masih tergolong dalam kategori masyarakat miskin, baik itu diperkotaan maupun di pelosok Desa.

Untuk itu, pasangan Zukri-Nasarudin mencetus program Maju Ekonomi guna meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Pelalawan.

Menurut Zukri, Kabupaten Pelalawan adalah daerah yang terletak di dua posisi yang strategis, yaitu peluang industri dan geografis yang menguntungkan.

"Dari kedua potensi ini kita akan bangun perekonomian masyarakat agar masyarakat keluar dari kemiskinan," ujar Zukri, Kamis (23/6/2022).

Potensi Industri

Pada potensi industri, daerah Kebupaten Pelalawan memiliki banyak perusahaan didalamnya, baik itu perusahaan perkebunan kelapa sawit maupun perusahaan yang bergerak pada bidang HTI (Hutan Tanaman Industri).

Dengan adanya perusahaan-perusahaan itu, pasangan Zukri-Nasarudin akan menyiapkan balai siap kerja agar memudahkan masyarakat untuk mencari lapangan pekerjaan.

"Seperti yang saya katakan pada Rancangan Kerja (Renja) pada bulan Maret lalu, kita akan siapkan balai siap kerja, dari balai ini masyarakat bisa mencari informasi lapangan pekerjaan dari perusahaan yang sedang mencari pekerja," kata Zukri.

Dikatakan Zukri, pihaknya akan berkerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang ada dalam pencarian tenaga kerja melalui balai siap kerja.

"Ya, tentunya kita akan bekerjasama kepada perusahaan melalui dinas ketenagakerjaan untuk memberikan informasi lowongan pekerjaan jika perusahaan sedang membutuhkan tenaga kerja," tambah Zukri.

Potensi Geografis

Selain potensi Industri, daerah Kabupaten Pelalawan juga memiliki potensi Geografis yang menguntungkan. Salah satu usaha pada potensi Geografis yang dapat kita kembangkan ialah peningkatan produksi Pertanian.

Pada peningkatan produksi Pertanian, Kabupaten Pelalawan sudah memiliki lumbung padi yang sudah menghasilkan, yaitu terletak di Kecamatan Kuala Kampar.

Menurut data base di panen raya pada bulan Februari lalu yang merupakan panen reguler musim tanam bulan Oktober 2021 dan Januari - Februari 2022, berhasil memproduksi rata-rata 4,2 ton/Ha, dengan luas lahan 4.917 Hektar dan IP (Indeks Pertanaman) 100.

Dikatakan Zukri, dengan capaian ini tentunya dapat membantu perekonomian masyarakat, pada daerah lain juga bisa membuat sebuah pertanian padi melalui kelompok tani, dan pemerintah siap membimbing para petani.

Lanjut Zukri, dengan memanfaatkan potensi Geografis dengan membangun usaha pertanian padi bisa sangat menguntungkan bagi masyarakat Kabupaten Pelalawan.

"Pertanian padi merupakan satu potensi Geografis yang ada di daerah Kabupaten Pelalawan, dan kita perlu meningkatkan produksinya agar masyarakat kita sejahtera dan keluar dari kemiskinan," pungkas Zukri.(adv)


    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis