Optimalkan Sistem Online, Disdik Pekanbaru Tunda PPDB SMP

Optimalkan Sistem Online, Disdik Pekanbaru Tunda PPDB SMP
Ilustrasi-internet

iniriau.com, PEKANBARU - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi tingkat SMP negeri di Pekanbaru yang awalnya akan digelar Senin (27/6/2022) batal dilaksanakan. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru memutuskan mengundur jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi tingkat SMP negeri dari 27 Juni menjadi 29 Juni 2022.

Menurut Sekretaris Disdik Kota Pekanbaru Muzailis, pengunduran jadwal ini setelah adanya kesepakatan dengan vendor penyedia sistem jaringan PPDB tingkat SMP.

"Agar sistem lebih optimal PPDB SMP kita undur tanggal 29 Juni," ujar  Muzailis, Rabu (22/6/2022). 

Untuk PPDB tingkat SMP tahun ini menerapkan sistem online. Penyelenggaraan PPDB, bakal berlangsung selama satu pekan. Rangkaian PPDB tingkat SMP rencananya berlangsung hingga 5 Juli 2022 mendatang.

"Awlanya jadwal PPDB SMP berlangsung hingga 2 Juli, tapi karena diundur maka PPDB berlangsung hingga 5 Juli mendatang," jelas Muzailis. 

Dirinya mengaku, bahwa daya tampung SMP negeri di Kota Pekanbaru belum bisa menampung seluruh lulusan sekolah dasar atau SD yang ada saat ini. Jumlah lulusan SD yang ada di Kota Pekanbaru berkisar 14.000 peserta didik.

Total daya tampung SMP negeri dalam PPDB tahun 2022 hanya sekitar 8.000 peserta didik. Jumlah daya tampung di 45 SMP negeri ini belum bisa menampung seluruh lulusan SD negeri maupun swasta di Kota Pekanbaru.

Muzailis menyebut bahwa hanya 60 persen peserta didik yang bisa tertampung di SMP negeri. Ia tidak menampik 40 persen peserta didik lulusan SD bakal sekolah di SMP swasta karena daya tampung SMP negeri yang terbatas.**

 

 

 

Berita Lainnya

Index