3 Rabiul Awwal 1444 H | Kamis, 29 September 2022
Kakan Kemenkumham: Sagu Meranti Kini Bersertifikat Indikasi Geografis
meranti | Senin, 20 Juni 2022
Editor : Betty Ismail | Reporter : Jri

Kepala Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Mhd Jahari Sitepu (foto: istimewa)

iniriau.com,PEKANBARU - Kepala Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Mhd Jahari Sitepu serahkan Sertifikat Indikasi Geografis Sagu Meranti. Sertifikat itu langsung diterima Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil, Senin (20/6/22) di Ballroom Grand Zuri Hotel Pekanbaru.

Sertifikat Indikasi Geografis sendiri merupakan cabang kekayaan intelektual yang kepemilikannya bersifat kelompok.  Menunjukkan daerah asal suatu barang dan/atau produk yang karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam, faktor manusia atau kombinasi dari kedua faktor tersebut memberikan reputasi, kualitas, dan karakteristik tertentu pada barang dan/atau produk yang dihasilkan. 

Saat ini Provinsi Riau telah memiliki dua Indikasi Geografis terdaftar, yaitu kopi Liberika dan Sagu Meranti yang keduanya berasal dari Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Dengan adanya Indikasi Geografis ini maka akan memperjelas identifikasi produk, standar produksi identifikasi produk  dan standar produksi memberikan perlindungan konsumen dan produsen dari penyalahgunaan reputasi produk indikasi geografis," kata Jahari Sitepu.

Dengan begitu papar Jahari lagi, daerah atau pihak lain tidak bisa mengklaim sagu dari Kabupaten Meranti sebagai produk mereka. Tentunya ini akan melindungi dan mengangkat reputasi sagu Meranti yang tentunya berujung pada peningkatan perekonomian petani sagu di Kabupaten Kepulauan Meranti. 

"Kami juga mengajak kepada daerah lain di Provinsi Riau untuk segera mendaftarkan potensi Indikasi Geografis pada daerahnya masing-masing,” ungkap Jahari.

Kemenkumham Riau sendiri akan selalu mendorong perlindungan kekayaan intelektual agar potensi daerah dapat berkembang yang tentunya juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat di Provinsi Riau.  Salah satunya adalah melalui perlindungan Kekayaan Intelektual, terutama yang bersifat komunal.**


    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis