Biasakan Minum Air Panas, Berat Badan akan Turun dengan 3 Cara Ini

Biasakan Minum Air Panas, Berat Badan akan Turun dengan 3 Cara Ini
(foto : merdeka.com)

Iniriau.com - Konsumsi air merupakan suatu hal yang penting dilakukan setiap hari. Bukan hanya unuk menghilangkan haus, minum air putih juga penting untuk fungsi tubuh yang lebih baik serta mencegah penyakit.

Sekitar 70 persen tubuh kita terdiri dari air. Oleh karena itu, untuk membuat tubuh berfungsi secara sempurna, konsumsi air dalam jumlah tepat merupakan hal yang harus dilakukan.

Air putih merupakan minuman sehat yang penting dikonsumsi oleh tubuh. Walau begitu, selama ini selalu disebut bahwa air panas memiliki manfaat lebih baik dibanding air dingin terutama dalam menurunkan berat badan, benarkah hal ini?

Air dingin diketahui bisa bermanfaat menurunkan suhu tubuh setelah berolahraga. Sedangkan air panas bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari tubuh dan membantu mencerna makanan.

Dilansir dari Times of India, sebuah penelitian menyebut bahwa konsumsi lebih banyak air bisa membantu membakar lemak. Hal ini terjadi karena air bisa membuat kita merasa lebih kenyang, membantu tubuh menyerap lebih banyak nutrisi, serta mengeluarkan racun dari tubuh.

Penelitian lain pada tahun 2003 menyebut bahwa konsumsi air panas bisa meningkatkan proses menurunkan berat badan. Lebih lanjut, penelitian ini mengungkap bahwa konsumsi air sebanyak 500 ml sebelum makan bisa meningkatkan metabolisme hingga 30 persen.

3 Penyebab Konsumsi Air Panas Bisa Menurunkan Berat Badan

Konsumsi air panas atau hangat setiap hari bisa membantu proses menurunkan berat badan melalui tiga cara.

- Meningkatkan Metabolisme

Konsumsi air panas bisa mempengaruhi temperatur tubuh. Untuk menyesuaikan dengan suhu air yang hangat, tubuh kita menurunkan temperatur di dalam tubuh dan mengaktifkan metabolisme.

- Menghancurkan Lemak

Ketika mencoba untuk menghilangkan asupan lemak di dalam tubuh, air panas bisa bermanfaat. Air panas bisa mencerna lemak di tubuh sehingga sistem pencernaan tubuh bisa bekerja dengan lebih mudah.

- Menekan Nafsu Makan

Air panas bisa membantu menekan nafsu makan. Minum air panas 30 menit sebelum makan bisa membantu membatasi asupan kalori pada tubuhmu.

Sejumlah hal tersebut menegaskan manfaat konsumsi air panas untuk menurunkan berat badan. Oleh karena itu, konsumsi air panas sebaiknya kamu lakukan terutama pada pagi hari.**


Sumber : merdeka.com

Berita Lainnya

Index