Diduga Korban Skimming, Uang Puluhan Nasabah BRK Hilang

Diduga Korban Skimming, Uang Puluhan Nasabah BRK Hilang
Foto : internet

iniriau.com, BATAM - Puluhan nasabah mendatangi Kantor Bank Riau Cabang Bank Riau Kepri, Batam, Kepulauan Riau,  Senin (9/5/ 2022). Mereka mendatangi bank tersebut untuk melaporkan kehilangan uang di rekening tabungan mereka.

Mereka diduga menjadi korban Skimming, atau pencurian data menggunakan alat khusus yaitu skimmer yang digunakan di Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Terlihat puluhan nasabah yang datang di kawasan Sei Panas didominasi menggunakan seragam Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurut salah seorang nasabah Andi, ( nama samaran) mengaku kehilangan uangnya di bank sebesar Rp12 juta. Padahal dirinya tidak melakukan transaksi. Ia mengaku mengaku melakukan transaksi keuangan si salah satu ATM yang berada di kawasan Sekupang sebelum perayaan Idul Fitri 1443 Hijiriah/2022.

" Uang saya tiba-tiba hilang Rp12 juta. Padahal, saya tidak melakukan transaksi tersebut. Saya melakukan penarikan tanggal 5-6 Mei 2022 terjadi 4 kali sebesar Rp2,5 juta. Kemudian terakhir  tanggal 7 Mei dengan penarikan uang sebesar Rp2 juta," ucapnya, Senin, (9/5/2022).

Andi mengaku mengetahui transaksi tersebut dari aplikasi mobile banking. Hal itu  setelah mendengar informasi beberapa nasabah Bank Riau Kepri mengalami kehilangan uang di rekening, yang diduga sudah terjadi sebelum Idul Fitri 1443 Hijiriah.

"Saya baru dapat info hari ini.  Makanya saya langsung cek m-banking, dan benar bahwa rekening saya dikuras sebesar Rp12 juta," paparnya.

Dari informasi pihak perbankan terhadap pelapor, diketahui aksi skimming terjadi di sejumlah ATM yang ada di kawasan Tiban dan Sekupang. Bahkan pihak CS BRK meminta nasabah untuk melakukan cek rekening. Jika ditemukan sesuatu yang mencurigakan agar segera melapor. Pihak bank juga bilang akan bertanggungjawab.

"Kami tanya ke CS, mereka meminta segera cek rekening. Dan jika ditemukan sesuatu yang mencurigakan agar segera melapor. Pihak bank juga bilang akan bertanggungjawab," ujarnya.

Sementara Kepala Cabang Bank Riau Kepri untuk Kota Batam, Baharuddin mengaku pihaknya tengah menyelidiki peristiwa hilangnya sejumlah uang dari rekening nasabah. Bahkan pihaknya telah melakukan penyelidikan internal. Hasilnya  adanya dugaan skimming yang dilakukan di sejumlah mesin ATM milik Bank Riau Kepri.

"Memang benar ada dugaan skimming di sejumlah mesin ATM. Namun kami  masih menyelidiki terus," ujarnya, Senin (9/5/2022).

Dugaan skimming disejumlah mesin ATM BRK ini juga sudah dilaporkan ke kantor BRK di Pekanbaru. Dan hal ini  telah menjadi atensi dari kantor Bank Riau Kepri yang berada di Pekanbaru.**

Berita Lainnya

Index