29 Zulqaidah 1443 H | Rabu, 29 Juni 2022
Hindari Konsumsi 5 Makanan ini Saat Sahur Agar Tidak Cepat Lapar
style | Minggu, 24 April 2022
Editor : Betty Ismail | Reporter : -

Ilustrasi-internet

iniriau.com,Jakarta - Makanan yang dikonsumsi saat sahur sangat berdampak pada kekuatan tubuh saat menjalani puasa di siang hari. Puasa bukan cuma membatasi makanan lho, tapi harus tetap mempertimbangkan apa yang dikonsumsi agar badan tetap fit tapi tak cepat lapar. Disarankan makan makanan yang penuh gizi dan mengandung banyak serat saat puasa sehingga kenyang lebih lama. Tapi ada juga beberapa makanan yang harus dihindari.

Berikut makanan yang pantang dikonsumsi saat sahur biar nggak cepat lapar dikutip detikcom dari berbagai sumber.

Makanan manis

Sebaiknya saat sahur tidak makan makanan manis berlebihan. Sebab asupan makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

Jika kadar gula meningkat, pankreas akan melepas hormon insulin. Saat insulin dilepas, glukosa bisa turun sampai di bawah batas normal yang akan menyebabkan tubuh merasa lemas, capek, mudah ngantuk, dan lapar.

Makanan berlemak

Makanan penuh lemak jenuh dapat menyebabkan masalah pada lambung kamu. Terlalu banyak makanan berlemak juga bisa membuat perut begah. Makanan jenis ini juga sebaiknya dihindari pengidap mag.

"Maag atau GERD secara umum harus menghindari makanan yang ketika dia makan akan tinggal lama di lambung dan bikin begah, seperti makanan yang tinggi lemak. Jadi diusahakan makan makanan yang tidak tinggi lemak," jelas dokter spesialis gizi klinis dari RS Pondok Indah dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK.

Roti

Beberapa orang menganggap roti adalah pilihan terbaik untuk sahur sebagai pengganti nasi. Padahal, makan roti saat sahur hanya membuat perut kamu lapar dengan cepat.

Meski termasuk karbohidrat, roti banyak mengalami pengolahan dan lebih halus daripada nasi. Hal ini membuat karbohidrat lebih cepat dicerna sehingga kamu akan lebih cepat lapar.

Makanan pedas

Meski tidak dilarang, makanan ini sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sahur. Makanan pedas akan membuat perut tidak nyaman karena produksi asam lambung meningkat.

Makanan pedas juga bisa membuat perut kamu sakit, mules, bahkan dehidrasi. Jika sampai menyebabkan diare, tubuh akan dehidrasi karena kehilangan banyak cairan.

Tinggi garam

Makanan yang tinggi kandungan garamnya dapat meningkatkan risiko dehidrasi atau rasa haus. Hal ini karena ketidakseimbangan kadar natrium, sehingga kemampuan tubuh menyerap cairan menjadi terganggu.

Selain dehidrasi, makanan terlalu asin dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.**

 

Sumber: detikHealth


    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis