Karhutla di Rohul Meluas, Petugas Harapkan Bantuan Water Bombing

Karhutla di Rohul Meluas, Petugas Harapkan Bantuan Water Bombing
Kebakaran Hutan (Ist)

Iniriau.com, ROHUL - Meski sudah terjadi sejak beberapa hari lalu, namun kebakaran hutan dan lahan di Dusun Danau Sati Desa Rambah Samo Barat Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu tak kunjung berhasil dipadamkan petugas. Bahkan  kebakaran makin meluas karena api semakin cepat menjalar.

Menurut Babinsa Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Serka Mendrayani api cepat menjalar karena Daerah yang tengah terbakar berada pada posisi perbukitan yang ekstrem dan angin dilokasi sangat kencang. Sehingga jika sebelumnya 20 hektar kini 70 hektar lahan terbakar.

" Kami masih berupaya memadamkan api secara manual. Saat ini sekitar 70 hektare lahan dan hutan terbakar," ungkap Mendrayani, Selasa (28/3/2022).

Menurut Mendrayani, Karhutla terjadi sejak Minggu (27/3/2022) membakar tanaman tegakan berupa pohon pakis dan tumbuh-tumbuhan yang lain.

" Untuk itu, warga kami himbau agar tidak membakar lahan maupun hutan," himbaunya. Upaya pemadaman dilakukan oleh tim gabungan. Terdiri dari TNI POLRI dan BPBD Rohul. Sementara itu Kapolsek Rambah Samo Iptu Jon Heri, SH berharap adanya Water Bombing ke lokasi Karhutla.

" Kami telah melaksanakan pengecekan di Daerah Karhutla yang ada di Kecamatan Rambah Samo. Lokasi Karhutla Daerah perbukitan dan sumber air yang tidak ada sehingga kita mengharapkan bantuan Water Bombing untuk memadamkan api," tutupnya.**

Berita Lainnya

Index