Hancur, Pesawat Terbesar Dunia Ditembak Rusia

Hancur, Pesawat Terbesar Dunia Ditembak Rusia
Pesawat terbesar di dunia, Antonov AN-225 Mriya (Ist).

Iniriau.com, JAKARTA - Pesawat terbesar di  dunia, Antonov AN-225 Mriya dilaporkan ditembak Rusia. Citra satelit dari Maxar Technologies menunjukkan kerusakan signifikan pada bagian hanggar tempat AN-225 disimpan.

CNN International menulis, sistem NASA juga mendeteksi beberapa kebakaran di bandara, termasuk di hanggar tempat pesawat disimpan. Kebakaran terjadi pukul 11:13 Minggu (27/2/2022) waktu setempat.

"Rusia mungkin telah menghancurkan 'Mriya' kami," kata Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba di cuitan Twitternya.

Mriya sendiri berarti mimpi. Pesawat ini berada di hanggar di Pangkalan Udara Ukraina Hostomel. Dilaporkan, pangkalan udara ini juga jadi tempat bentrokan hebat antara militer Rusia dan Ukraina Kamis lalu. Rusia dilaporkan mengambil alih pangkalan udara itu.

"Tapi mereka tidak akan pernah bisa menghancurkan impian kita tentang negara Eropa yang kuat, bebas, dan demokratis," lanjut Kuleba lagi.

Rusia melakukan serangan militer ke Ukraina sejak pekan lalu. Konflik yang meruncing antara media negara menjadi penyebab. Rusia mendukung wilayah Ukraina Timur untuk merdeka. Sementara Ukraina, bekas negara Uni Soviet, hendak menjadi bagian NATO.**

Sumber : CNBC Indonesia

Berita Lainnya

Index