Pasukan Elit TNI AU Gelar Juntis dan Free Fall di Langit Rohul

Pasukan Elit TNI AU Gelar Juntis dan Free Fall di Langit Rohul
Pasukan elit TNI AU gelar Juntis dan Free Fall di langit Rohul -(foto: istimewa)

iniriau.com,PEKANBARU - Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) dari Batalyon Komando 462 bersama Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 475 yang bermarkas di Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) menggelar Terjun Taktis (Juntis), dan Free Fall di atas Bandar Udara Tuanku Tambusai  Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu, Minggu (13/2/22).

Aksi dua satuan tempur Paskhas TNI-AU Lanud Rsn menjadi pemandangan memukau. Langit Negeri Seribu Suluk mendadak dihiasi balon-balon udara oleh pasukan tempur elit itu pun langsung disaksikan Bupati Rokan Hulu H Sukirman beserta Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro.

"Terjun payung ini tidak hanya dalam operasi atau latihan saja. Namun dapat dijadikan minat potensi kedirgantaraan serta dapat mengedukasi masyarakat dalam menyaksikan atraksi pasukan elit TNI AU tersebut," kata Andi Kustoro.

Danlanud juga mengpresiasi dan bangganya kepada prajurit Yonko 462 Kopasgat dan  Denhanud 475 Kopasgat dalam upaya meningkatkan profesionalisme sebagai pasukan elit milik TNI Angkatan Udara.

Kalimat syukur pun diucapkan, karena selama aksi penerjunan menggunakan pesawat C-130/H-1318 dari ketinggian 1000 hingga 9000 feet, berjalan lancar dan selamat.

"Alhamdulillah payung dapat mengembang dengan sempurna. Saya menilai kegiatan hari ini berjalan dengan sukses," ujar Danlanud.

Andi juga berharap, prajurit Kopasgat TNI AU ini, semakin profesional dan dapat meningkatkan kemampuan, keterampilan serta kesiapsiagaannya. Sehingga sewaktu-waktu dapat dioperasionalkan dalam mendukung tugas TNI Angakatan Udara dimasa mendatang.

Kopasgat melibatkan 162 penerjun handal terdiri dari, 142 prajurit penerjun statik dengan ketinggian 1000 feet,  20 prajurit penerjun  free fall dengan ketinggian 9000 feet dibawah pimpinan Dandenhanud 475 Kopasgat Letkol Pas Tatag Wicaksono,  menggunakan pesawat TNI AU C-130/H-1318 yang dipiloti Mayor (Pnb) Aleg Chandra M.

Giat ini juga bertujuan untuk merefresh kembali kemampuan naluri tempur prajurit Kopasgat, agar selalu siap menghadapi dalam setiap penugasan sebagai insan TNI Angkatan Udara.

Kegiatan terjun payung oleh pasukan elit TNI-AU Lanud Rsn tersebut, juga di hadiri oleh para pejabat yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Rohul. Giat ini tetap menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes).**

Berita Lainnya

Index