Ruang Kreatif Tuan Kadi, Upaya Dekatkan Budaya Pada Generasi Muda

Ruang Kreatif Tuan Kadi, Upaya  Dekatkan Budaya Pada Generasi Muda

iniriau.com,Pekanbaru- Mempertahankan budaya Melayu di Kota Pekanbaru dalam era modern saat ini Ruang Seni Kreatif Tuan Kadi melakukan Pergelaran Tari Melayu. Kegiatan ini dilaksanakan  di Rumah Singgah Tuan Kadi Kampung Bandar Kecamatan Senapelan Pekanbaru, Minggu (30/01/2022).

Kegiatan kali ini dihadiri  dihadiri oleh Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Dr. Pria Budi S.I.K., M.H, Wakil Ketua DPRD kota Pekanbaru Ginda Burnama S.T, Kadis Pariwisata Dra. Hj. Masriya, Ketua Umum RSTRK yang juga anggota DPRD Kota Pekanbaru dapil Senapelan - Payung Sekaki H. Suherman. Selain itu juga tampak Camat Senapelan Yeni Erita S.Sos, Ketua Wilayah RRI Abdul Gafar Zakaria, Kapolsek Senapelan Kompol Arry Prasetyo, S.H, M.H beserta Lurah Kampung Bandar Meta Satria dan Lurah Padang Bulan Yesi Sartika.

Pergelaran seni di laman ini menampilkan seni tradisi Melayu. Mulai dari kompang festival, tembang Melayu, Tari Colek Sonde, Tari Mak Inang, Tari Serampang Dua Belas dan Musikalisasi Puisi. Laman ini menjadi pusat latihan sekaligus mengaplikasikan dari apa yang sudah  dipelajari dalam latihan tersebut.

Anak-anak muda Pekanbaru, khususnya  Kelurahan Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan, memanfaatkan ruang ini sebagai pusat kesenian. Salah satunya Ruang Seni Kreatif Tuan Kadi (RSKTK) yang merupakan sanggar atau komunitas seni. Di dalamnya, anak-anak muda belajar seni tradisi Melayu dan langsung ditampilkan setiap malam Ahad. Merekalah yang membuat Laman Tuan Kadi ini semakin ramai dan meriah.

Bukan hanya tabuhan gendang dan musik yang membuat kawasan ini hilang ruang sunyi, tapi juga perlengkapan atau artistik panggung yang mereka gunakan. Kadang mereka menggunakan lampu penerang dari listrik, tapi kadang menggunakan lampu colok. Kerlap kerlip lampu colok yang memenuhi hampir seluruh ruang laman inilah yang membuat wajah Rumah Singgah Tuan Kadi semakin cerah. Begitu juga dengan halamannya yang semakin berwarna.

Camat Senapelan, Yeni Erita S.Sos, Senin (31/01) menjelaskan  tujuan utama kegiatan ini untuk melestarikan budaya  Melayu  khususnya Pekanbaru dan pada umumnya Riau. Lebih khusus lagi untuk menjaga kekayaan kearifan lokal melalui seni budaya yang ada di Pekanbaru, terutama Kecamatan Senapelan.

Senapelan ini sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru. Semua kearifan lokal dan budaya yang ada di sini yang ingin kami lestarikan melalui seni. Maka, kegiatan yang kami beri nama Ruang Kreatif Tuan Kadi ini kami buat setiap malam Ahad . Banyak kesenian yang ditampilkan. Hal ini juga sebagai upaya kami mendekatkan kekayaan budaya Melayu kepada anak-anak muda,’’ kata Yeni.**

Berita Lainnya

Index