Rekan Gantung Diri, Ratusan Pengungsi Afganistan Lakukan Unjuk Rasa

Rekan Gantung Diri, Ratusan Pengungsi Afganistan Lakukan Unjuk Rasa
Ratusan pengungsi Afganistan unjuk rasa di kantor IOM Pekanbaru (foto:Betty)

Iniriau.com, PEKANBARU - Setelah sempat berhenti, ratusan pengungsi Afganistan kembali melakukan aksi unjuk rasa ke Kantor International Organization for Migration (IOM) perwakilan Pekanbaru, Riau, Jalan HR Subrantas, Senin (17/1/2022) siang.

Unjuk rasa ratusan pengungsi pencari suaka ini buntut dari peristiwa gantung diri salah seorang rekan mereka bernama Sayid Nader Balkhi (41), dikamar mandi wisma beberapa hari lalu. Dalam aksinya ratusan massa membawa spanduk bertuliskan protes terhadap lambannya proses pengiriman imigran di bawah naungan UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees/PBB) ke negara ke tiga. Mereka menuntut tanggungjawab dari IOM/UNHCR bertangungjawab atas kematian rekan mereka Sayid Nader Balkhi. Tak kunjung dipindahkan ke negara ketiga  membuat rekan mereka Sayid Nader Balkhi depresi kemudian nekat  bunuh.
 
" UNHCR IOM harus bertanggungjawab atas meninggalnya rekan kami Sayid." Ujar Ali Gohari, salah satu juru bicara pendemo, Senin (17/1/2022).

Mereka mengaku prihatin akan peristiwa bunuh diri yang dilakukan Sayid. Hal ini diduga karena korban depresi, karena tak kunjung ada kejelasan keberangkatan ke negera ketiga.

" Kami berharap ada kejelasan nasib kami. Pasalnya kami disini sudah ada yang sampai 10 tahun. Namun tidak ada, kejelasan pemberangkatan." Imbuhnya.

Aksi demontrasi yang dilakukan para imigran Senin siang ini  mendapatkan pengawalan dari Polri.**

Berita Lainnya

Index