Ini Dampak Jika Mengosok Gigi Hanya Satu Kali Sehari

Ini Dampak Jika Mengosok Gigi Hanya Satu Kali Sehari
Ilustrasi-internet

iniriau.com, JAKARTA-Kebersihan gigi dan mulut merupakan sebuah hal yang perlu diperhatikan setiap hari. Hal ini penting dilakukan secara rutin setiap hari untuk mencegah munculnya masalah kesehatan.

Kebersihan mulut ini bisa diperoleh dengan cara menyikat gigi, flossing, serta berkumur. Tujuan dari berbagai hal tersebut adalah mencegah muncul dan berkembangnya bakteri di dalam mulut.

"Bakteri bisa muncul dari sisa makanan di gigi atau di antaranya, dan bisa berkembang dengan sangat cepat," terang Lee Gause, DDS, dari Smile Design Manhattan, New York, NY, dilansir dari The Healthy.

"Jika kamu hanya menggosok gigi sehari sekali, penumpukkan plak dan bakteri bisa terjadi di mulut dan berujung bau mulut, gigi rusak, serta penyakit gusi," sambungnya.

Masalah berupa bau mulut merupakan hal paling ringan yang bisa terjadi. Namun ketika kamu tidak menyikat gigi sehari dua kali masalah yang timbul bisa parah.

Gigi Berlubang

Ketika kamu tidak menyikat gigi, jutaan bakteri bakal masuk dan berkembang di gigi dan gusi. Hal ini terutama ketika kamu baru saja mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula.

Penumpukkan bakteri di mulut akibat gula ini bisa menyebabkan munculnya plak. Bakteri pada plak menimbulkan asam yang menyerang email gigi hingga rusak dan bisa menyebabkan lubang di gigi.

Untuk menghilangkan semua bakteri di mulut ini, menyikat gigi saja sebenarnya tidak cukup.

"Menyikat gigi saja bisa melewatkan 75 persen bagian mulut sehingga menyebabkan banyak kuman tersisa," terang Gause.

"Saya menyarandak menyikat, flossing, serta berkumur menggunakan antiseptic sehari dua kali," sambungnya.

Flossing membantu menghilangkan partikel makanan di gigi. Sedangkan berkumur bisa menghilangkannya di area yang tak terjangkau.

Masalah Gusi

Selain gigi berlubang, menyikat gigi sekali sehari bisa menyebabkan masalah kesehatan gusi. Hal ini menyebabkan gusi menjadi bengkak dan berwarna merah serta tak jarang membuatnya jadi berdarah.

Masalah ini bisa berujung lebih parah jika kamu mengabaikannya. Hal ini bisa menyebabkan iritasi pada gusi sehingga bisa berdampak pada jaringan dan tulang di sekitar mulut. Lebih lanjut, hal ini juga bisa membuat gigi menjadi tanggal.

Mengingat bahaya yang bisa timbul, kebersihan gigi ini bukan merupakan hal yang dapat disepelekan. Sebaiknya bersihkan gigi dan mulut secara teratur pada pagi dah malam hari untuk mencegah timbulnya masalah.**

Sumber: Merdeka.com

Berita Lainnya

Index