DPRD Ingatkan Pemprov Riau Realisasikan Hibah Ternak Tahun 2022

DPRD Ingatkan Pemprov Riau Realisasikan Hibah Ternak Tahun 2022
Ilustrasi - internet

Iniriau.com, PEKANBARU - Tahun 2022 Pemprov Riau bakal melakukan hibah ternak pada kelompok tani. Anggaran untuk hibah ternak sudah dimasukan dalam RAPBD Riau 2022. Dimana sebanyak 2.023 sapi akan dihibahkan pada 289 kelompok tani di 12 kabupaten/kota.

Untuk itu, Komisi II DPRD Riau membidangi peternakan mengingatkan Pemprov Riau agar hibah ini terealisasi tahun depan. Sehingga tidak lagi mengulangi kesalahan, dimana Sebelumnya sebanyak 2.300 ekor sapi gagal tersalurkan ke penerima manfaat di APBD 2021.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi II DPRD Riau Robin P Hutagalung di Pekanbaru, Kamis (11/11/2021). Robin mengingatkan proses lelang dengan pihak ketiga harus dilakukan di awal tahun. Hal ini untuk meminimalisir risiko yang terjadi.

"Hibah ternak ini harus kita realisasikan. Agar masyarakat tidak merasa dibohongi.  Untuk itu, OPD terkait harus dipersiapkan, sehingga  Januari atau Februari sudah ditenderkan agar terlaksana dan masyarakat tidak lama menunggu," kata Robin P Hutagalung.

Sebelumnya, sebanyak 2.300 ekor sapi gagal tersalurkan ke penerima manfaat di APBD 2021. Hal itu disebabkan adanya kendala di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Sehingga proses lelang dengan pihak ketiga baru dilaksanakan di penghujung tahun. Namun karena waktu yang pendek, pemenang tender menyatakan ketidaksanggupannya untuk melanjutkan kerjasama tersebut.

Hal ini jelas membuat kecewa masyarakat. Terutama kelompak tani. Sebab, mereka  sudah mempersiapkan kandang untuk tempat ternak mereka. Tapi bantuan tersebut malah gagal diterima masyarakat. (Adv)

Berita Lainnya

Index