Kapal Cargo Berbendera Panama Terbakar di Perairan Sungai Pakning

Kapal Cargo Berbendera Panama Terbakar di Perairan Sungai Pakning
ABK kapal cargo MV. Doreen berusaha memadamkan api

Iniriau.com,BENGKALIS - Satu unit kapal cargo multipurpose MV. Doreen bendera Panama terbakar di perairan Sungai Pakning, Kabupaten Bengkalis, Riau, Indonesia. Kebakaran kapal cargo ini terjadi Minggu (17/10/21) sore, sekitar pukul 15.30 WIB.

Kepala seksi Keselamatan Berlayar dan Penjagaan Patroli, Kantor KSOP Kelas II Tanjung Buton, Embing Sukarriya saat dikonfirmasi awak media, Senin 18 Oktober 2021 membenarkan peristiwa tersebut.

Menurut Embing, api berasal dari pecahnya pipa hidrolik yang mengenai panel listrik saat menutup Palka nomor 2 ketika kapal tersebut melakukan aktifitas muat.

"Saat itu mereka sedang melakukan muat di STS Sungai Pakning. Ketika melakukan penutupan palka no 2 terjadi percikan api dan kebakaran disebabkan oleh pecahnya pipa hidrolik dan mengenai panel listrik di palka No 2," ungkap Embing Sukarriya.

Melihat percikan api, para awak kapal segera memadamkan dengan menggunakan alat APAR yang ada di kapal. Sementara pihak juga Pertamina mengerahkan kapal khusus pemadam kebakaran. Berselang 30 menit kemudian api berhasil dipadamkan, dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa.

Akibat kejadian ini, untuk sementara aktifitas muat di kapal MV. Doreen dihentikan sementara.

"Setelah kejadian awak kapal memeriksa kondisi kapal dan memastikan tidak ada korban jiwa. Saat ini kapal tersebut dalam kondisi baik dan masih berlabuh di perairan sungai pakning," ujarnya.

"Selain membantu memadamkan api, pihak Pertamina Sungai Pakning juga berkoordinasi dengan semua instansi terkait," pungkasnya.**

Berita Lainnya

Index