12 Rabiul Awwal 1443 H | Selasa, 19 Oktober 2021
Kabar Gembira! Arab Saudi Buka Ibadah Umrah Buat Jemaah Indonesia
nasional | Sabtu, 9 Oktober 2021
Editor : Rvp | Reporter : -

Iniriau.com, JAKARTA - Kabar gembira bagi umat Islam di Indonesia. RI akan dapat mengirimkan jemaah umrah ke Tanah Suci, setelah sekian lama berlangsungnya lobi antara Indonesia dengan Arab Saudi. Meski begitu, tanggal pasti masih belum ditentukan. Saat ini, pembahasan lebih jauh masih akan dilakukan oleh berbagai pihak terkait di kedua negara.

Kabar ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi pada Sabtu (9/10). Menlu Retno mengatakan, hal ini disebabkan oleh perkembangan penanganan COVID-19 Indonesia yang semakin baik.

Dalam nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta, tertanggal Jumat (8/10), pemerintah Arab menyampaikan beberapa hal terkait dengan umrah bagi jemaah Indonesia.

“Komite khusus di Kerajaan Saudi Arabia sedang bekerja saat ini guna meminimalisir segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jemaah umrah Indonesia untuk melakukan ibadah umrah,” ujar Menlu Retno pada konferensi pers virtual.

Ia mengatakan, Indonesia dan Arab Saudi tengah berada dalam tahap akhir pembahasan soal pengiriman jemaah umrah. “Dalam nota itu disebutkan bahwa kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia, yang menjelaskan informasi para pengunjung berkaitan dengan vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jemaah,” papar dia.

Selain itu, nota diplomatik Kedubes Arab Saudi juga tengah mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama 5 hari, bagi jemaah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang disyaratkan.

“Tentunya kabar baik ini akan ditindaklanjuti dengan pembahasan secara lebih detail mengenai teknis pelaksanaannya. Kemlu akan koordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan dan otoritas terkait di Kerajaan Saudi Arabia mengenai pelaksanaan kebijakan yang baru ini,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Indonesia dikenakan travel ban oleh Arab Saudi sejak Februari 2021 lalu akibat tingginya kasus COVID-19 RI.

Dengan adanya larangan terbang langsung ini, Indonesia tak bisa mengirimkan jemaah umrah. Arab Saudi sendiri telah membuka umrah untuk masyarakat internasional sejak Agustus lalu.**

Sumber: Kumparan


    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis