Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad Sediakan Tes PCR Gratis Bagi Masyarakat

Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad Sediakan Tes PCR Gratis Bagi Masyarakat
Ilustrasi-internet

iniriau.com, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau kini menyediakan tes PCR gratis bagi masyarakat. Untuk masyarakat yang mengalami gejala demam, batuk, sakit tenggorokan atau bahkan hilang penciuman, bisa melakukan tes PCR  di Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau.

Caranya masyarakat cukup datang ke klinik atau Puskemas untuk meminta rujukan dari dokter. Setelah itu pasien membawa surat rujukan dokter tersebut ke lab biomol dan pasien langsung dilakukan PCR. 

"Jika ada masyarakat mengalami gejala demam langsung datang ke klinik atau Puskemas, kemudian diajurkan oleh dokter untuk PCR, itu bisa langsung dirujuk ke labor biomolekuler RSUD Arifin Ahmad,l. Tapi harus ada rujukan dari dokter, baik klinik, maupun Puskemas," kata Direktur Utama RSUD Arifin Achmad dr Nuzelly Husnedi, Jumat (8/10/2021). 

Sebab kata Nuzelly, yang terjadi saat ini, pasien yang dicurigai mengalami gejala Covid-19 tidak langsung dilayani PCR. Sebab harus menunggu jadwal di Puskemas. Sehingga butuh waktu untuk menunggu pemeriksaan PCR. Hal ini tidak lagi boleh terjadi, Nuzelly mengingatkan kepada dokter di Puskemas dan Klinik agar segera membuat rujukan kepada pasien yang dicurigai terpapar Covid-19. 

"Kalau sekarang kan untuk PCR di Puskemas itu harus menunggu jadwal, kalau mau cepat mereka pergi ke rumah sakit, disana bayar, kan kasian kita. Makanya kita sampaikan ini kepada masyarakat, supaya mereka bisa cepat pemeriksaan PCR dengan langsung datang ke lab biomolekuler RSUD Arifin Achmad. Cukup dengan membawa rujukan dari dokter di klinik maupun Puskemas, setelah itu dibawa ke lab, kita akan langsung layani untuk PCRnya dan itu gratis," ucapnya.

Nuzelly menegaskan, meski saat ini tren kasus Covid-19 di Riau mengalami penurunan, namun tracing terhadap orang-orang yang kontak erat dan mengalami gejala Suspek Covid-19 tidak boleh berkurang. 

"Ini adalah upaya kita untuk mempercepat dan mengoptimalkan tracing, jadi orang yang Suspek itu cepat kita periksa, tanpa harus mengantri di klinik atau Puskemas. Dokter boleh langsung merujuk pasien itu ke lab biomol RSUD Arifin kita akan langsung tangani," katanya.**

Berita Lainnya

Index