Beri Semangat Tahanan Lansia, Rutan Pekanbaru Gandeng Minda Briliant

Beri Semangat Tahanan Lansia, Rutan Pekanbaru Gandeng Minda Briliant

Iniriau.com, PEKANBARU - Rumah Tahanan Negara Kelas I Pekanbaru, lakukan pembinaan untuk 20 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP Lansia) Selasa (21/9/21).

Pihak Rutan menggandeng Minda Briliant sebagai mitra melakukan pembinaan guna mengedukasi para tahanan lansia. Minda Briliant yaitu Klinik Hipnoterapi klinis yang membantu mengatasi persoalan emosi seperti kecemasan, trauma, phobia, dan emosi lain yg memicu penyakit psikosomatis seperti jantung berdebar, sakit kepala, magh, alergi dll.

"WBP Lansa butuh perhatian khusus. Pembinaan ini, kita melibatkan Minda Briliant," kata Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Heri Aguswanto.

Materi pembinaan sendiri dibuka dengan pola kontrak belajar dan yel-yel salam sehat untuk menambah semangat. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi tentang pentingnya memaafkan untuk kebahagiaan diri sendiri.

Sementara untuk kegiatan belajar juga diisi dengan game pesan berantai dengan tujuan meningkatkan kekompakan tim. Hal ini dimaksudkan untuk membangun persepsi dan melatih empati serta kepekaan antar peserta dan game cermin diri untuk meningkatkan rasa berharga terhadap diri sendiri. Kegiatan ditutup dengan senam energi yang bertujuan untuk meningkatkan imun tubuh.

Para WBP lansia sendiri mengikuti penuh semangat dan antusias dalam mengikuti materi kegiatan. Diharapkan, semangat WPB mulai tumbuh kembali serta dapat menjalani selama masa pidana.

Pasalnya, dengan usia mereka yang diatas 60 tahun tentu sangat rentan dalam menghadapi berbagai masalah yang dihadapi. Menjadikan kondisi badan dan pikiran WPB yang sehat dapat menjadi spirit tentunya.

"Ini adalah kegiatan pembinaan lansia dan salah satu terobosan dalam bidang pembinaan dari Rutan Pekanbaru. Meskipun jumlah WBP Lansia hanya sekitar 0,01 persen dari jumlah keseluruhan WBP yang ada di Rutan Pekanbaru, tetapi mereka tetap harus mendapat pembinaan selama di Rutan Pekanbaru," papar Heri lagi.**

Berita Lainnya

Index