Sempat Berada di Harga Tertinggi, Sepekan Kedepan Harga Sawit Riau Turun Tipis

Sempat Berada  di Harga Tertinggi, Sepekan Kedepan Harga Sawit Riau Turun Tipis
Hasil panen sawit di Riau - ist

iniriau.com, PEKANBARU - Setelah sempat bertengger di harga tertinggi dalam sejarah, kini harga kelapa sawit di Riau mulai mengalami penurunan tipis. Untuk  periode 22 – 28 September 2021 mengalami penurunan pada setiap kelompok umur.  Penurunan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 17,08/Kg atau mencapai 0,61% dari harga minggu lalu. Sehingga harga pembelian untuk periode satu minggu kedepan turun menjadi Rp 2.797,78/Kg. 

Kepala dinas Perkebunan Riau Zulfadli mengatakan, penurunan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal turunnya harga periode ini disebabkan oleh terjadinya kenaikkan dan penurunan harga jual CPO dan harga kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data.

"Sementara dari faktor eksternal, harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) melemah sepanjang pekan ini, melibas reli yang tercipta sepekan sebelumnya, jelang berakhirnya moratorium pembukaan lahan sawit di Indonesia," jelasnya.

Setelah libur sehari sebelumnya karena hari besar Malaysia, harga kontrak berjangka CPO untuk pengiriman Oktober 2021 di Bursa Malaysia Derivatif Exchange langsung anjlok 3,9% ke MYR 4.518/ton atau drop 182 ringgit pada Jumat (19/9/2020).

"Koreksi tersebut memperparah penurunan selama sepekan, sehingga secara akumulatif harga komoditas ekspor utama Indonesia dan Malaysia ini anjlok 1,2%. Koreksi mingguan tersebut melibas reli yang terbentuk sepekan lalu sebesar 0,5%," jelasnya.**

Berita Lainnya

Index