Percepat Pembangunan, Gubri Usul Pembebasan Lahan untuk 4 Jalan Tol di Riau

Percepat Pembangunan, Gubri Usul Pembebasan Lahan untuk 4 Jalan Tol di Riau
Jalan tol Riau - Sumbar - dok int

iniriau.com, PEKANBARU - Upaya percepatan  pembangunan jalan tol terus dilakukan Pemprov Riau. Gubernur Riau, Syamsuar merekomendasi pembebasan lahan di kawasan hutan untuk pembangunan empat ruas jalan tol di Riau ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

"Pak Gubernur sudah membuat rekomendasi kepada Menteri LHK untuk pembebasan lahan di kawasan hutan, dan Menteri PUPR selaku pihak yang membutuhkan lahan jalan tol untuk melakukan percepatan jalan tol," kata Kepala Dinas LKH Provinsi Riau, Mamun Murod, Sabtu (18/9/2021). 

Empat ruas tol yang diusulkan pembebasan lahan yakni jalan tol Pekanbaru-Bangkinang, jalan Bangkinang-Pangkalan (Sumatera Barat). Lalu jalan tol Pekanbaru-Rengat, ruas Rengat-Jambi. 

Dengan begitu, saat ini Pemprov Riau menunggu pemerintah pusat mengakomodir usulan pembebasan lahan tersebut, agar proses pembangunan jalan tol tidak mengalami kendala lagi. 

"Jadi empat ruas jalan tol itu semua sudah tercover di dalam surat rekomendasi Gubernur yang ditujukan ke Menteri LHK dan Menteri PUPR," terangnya. 

Selain itu dalam waktu dekat Gubernur Riau dalam waktu dekat akan melakukan audensi dengan Menteri LHK RI, Siti Nurbaya. Audiensi ini untuk percepatan empat ruas tol di Riau, tambah Mamum Murod,

"Dalam waktu dekat Gubernur akan melakukan audensi dengan ibu Menteri LHK, mudah-mudahan kita bisa menyelesaikan persiapan-persiapan jalan tol agar segera terwujud," tukasnya. 

Berita Lainnya

Index