Mengantuk Setelah Makan Siang? Ini 4 Cara Mengatasinya

Mengantuk Setelah Makan Siang? Ini 4 Cara Mengatasinya

iniriau.com, JAKARTA- Setelah makam siang sebagian besar orang mengalami mengantuk. Meski bukan hal yang buruk, namun pasti menganggu pekerjaan anda.

Menguap dan mengantuk setelah makan umum dialami banyak orang. Ini merupakan respons tubuh terhadap perubahan biokimia yang terjadi setelah makan. Alasan lain yaitu karena Anda kurang tidur atau tidak melakukan apa pun setelah makan.

Berbagai cara pun dilakukan untuk melawan rasa kantuk ini, minum kopi misalnya. Namun, terlalu banyak konsumsi kafein dalam tubuh juga kurang baik bagi kesehatan. Lantas apakah ada cara yang lebih sehat?

Berikut 4 cara sehat yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk usai makan di siang hari.

1. Menggerakkan tubuh setelah makan

Jika Anda hanya duduk-duduk saja seusai makan, kemungkinan besar akan merasa ngantuk. Dengan beraktivitas, dapat meningkatkan aliran darah, sehingga oksigen dan nutrisi dapat dialirkan dengan baik ke seluruh sel-sel tubuh. 

Dengan bergerak, Anda juga akan menjadi lebih berenergi. Untuk menghindari kantuk, Anda juga dapat berjalan-jalan setidaknya 15 menit setelah makan. Anda juga bisa menggerak-gerakkan badan untuk membantu mencegah kantuk.

2. Pilih makanan dengan bijak

Saat makan siang, pilihlah makanan dengan karbohidrat kompleks, protein, dan cukup zat besi. Karbohidrat mengandung glukosa yang dapat memberi energi. Zat besi diperlukan untuk memproduksi sel darah merah, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. 

Hindari mengonsumsi asupan lemak dan gula tinggi seperti fast food, karena dapat menambah banyak kalori pada tubuh, namun kurang bernutrisi. Gula tinggi dapat memberi lonjakan gula darah, namun bisa menghilang dengan cepat, sehingga menyebabkan kantuk dan lelah.

3. Jangan makan terlalu banyak

Yang paling perlu diperhatikan adalah poin yang satu ini. Jaga porsi makan Anda dan jangan sampai berlebihan. Makan berlebihan dapat membuat Anda merasa sangat kenyang sekaligus mudah mengantuk. 

Perlu diingat, untuk mencerna makanan dengan porsi besar, tubuh akan membutuhkan lebih banyak energi. Hal ini tentu bisa membuat tubuh Anda merasa lelah dan ngantuk.

4. Minum air putih yang cukup

Pastikan tubuh Anda selalu dalam keadaan terhidrasi, sehingga dapat terhindar dari kelelahan, sulit berkonsentrasi, bahkan mengantuk. Semua organ dalam tubuh Anda membutuhkan air untuk melakukan fungsinya. Oleh karena itu, menjaga tubuh tetap terhidrasi akan membuat kerja badan menjadi lebih optimal.

Itulah tadi 4 cara sehat yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa kantuk usai makan siang. Selain cara di atas mungkin, Anda memiliki cara lain dalam mengatasi rasa kantuk tersebut. Namun perlu diingat selalu bahwa konsumsi kafein terlalu sering, kurang baik bagi kesehatan.**


Sumber: Suara.com

Berita Lainnya

Index