Bingung Cara Menyimpan Video di Instagram? Begini Tipsnya

Bingung Cara Menyimpan Video di Instagram? Begini Tipsnya

iniriau.com, JAKARTA - Selain facebook, Instagram kini sudah digunakan berbagai kalangan. Bahkan Instagram kini bukan lagi sebagai media berbagi foto. Mengikuti ketatnya persaingan media sosial, Instagram mendeklarasikan diri sebagai aplikasi berbagi video, salah satunya melalui fitur terbarunya Reels.
Dari Reels pengguna bisa mengeksplorasi membuat konten video yang menarik dan membagikannya. Saat melihat konten menarik, pengguna ingin menyimpan video tersebut. Artikel ini akan memberikan cara menyimpan video di Instagram.

Instagram secara default tidak menyediakan fitur pengunduhan. Anda hanya dapat menyimpan video namun tidak bisa mengunduh.

Untuk mengunduh Anda membutuhkan bantuan di luar aplikasi. Berikut tiga cara menyimpan video dari Instagram.

1. Cara menyimpan video Instagram secara default

Jika melihat video yang menarik, kemungkinan besar pengguna Instagram mungkin akan menyimpannya.Tujuannya beragam, bisa sebagai rujukan dalam membuat sebuah konten, hiburan semata, atau untuk ditonton ulang dan dibagikan kemudian.

Cara menyimpan video secara default di Instagram sangat mudah, berikut langkahnya.

- Pilih video yang akan Anda simpan Ketuk dan tahan ikon berbentuk bendera

-Pilih di folder mana akan menyimpan atau Anda dapat membuat folder baru dengan mengetuk tanda tambah. Berikan nama pada folder tersebut. Pada folder baru, video yang Anda simpan akan menjadi cover dari folder tersebut.

-Untuk Reels, ketuk ikon titik tiga vertical lalu pilih opsi simpan.
Seperti yang diketahui, cara menyimpan video ini hanya akan tersimpan pada collection di aplikasi saja dan tidak akan pernah muncul di galeri ponsel.

-Untuk melihat video tersebut Anda bisa membukanya di daftar koleksi pada fitur saved dalam aplikasi Instagram.

2. Cara menyimpan video Instagram dengan website

Cara menyimpan video dari Instagram yang kedua adalah dengan bantuan website. Karena menggunakan website, Anda dapat mengunduh untuk kemudian menyimpan dan membagikan video tersebut. Pilih video yang ingin Anda simpan dari Instagram. Lalu ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas pada feed dan pojok kanan bawah pada Reels. Pilih opsi "salin tautan" atau "copy link"

-Buka browser pada ponsel.

-Ketikkan SaveFrom.net, tempelkan link yang telah disalin dengan cara ketuk dan tahan lalu pilih opsi salin.

-Pilih opsi "Unduh MP4"

-Buka file yang telah diunduh pada galeri ponsel Anda.

Sebagai tambahan informasi, Anda bisa mencoba website lain seperti instagramdownloader dan sejenisnya. Gunakan website yang menurut Anda paling mudah digunakan.Karena akan tersimpan di galeri, pastikan pula memori ponsel Anda cukup.

3. Cara menyimpan video Instagram  dengan aplikasi

Pada percobaan lewat aplikasi ini, bisa menggunakan aplikasi InsTake Downloader.

- Buka Playstore dan unduh InsTake Downloader

-Buka Instagram dan pilih video yang ingin Anda simpan dari Feeds ataupun Reels

-Ketuk ikon tiga titik vertikal di kanan atas pada Feeds dan kanan bawah pada Reels

-Kemudian pilih opsi "Salin tautan" Keluar dari Instagram dan buka InsTake Downloader

-Pada kolom bagian atas ketuk dan tahan lalu "Tempelkan" URL yang telah disalin. Pilih opsi Download. Buka galeri pada ponsel, video berhasil di-download.

Aplikasi InsTake Downloader telah diunduh sebanyak 1 juta kali dan mendapat ulasan dari 17 ribu pengguna dengan rating bintang 4,5. Anda dapat menggunakan aplikasi lain yang menurut Anda lebih mudah.

Cara menyimpan video dari Instagram dengan InsTake Downloader akan menyimpan video dan URL selama beberapa minggu. Setelah itu, video akan hilang dan hanya meninggalkan riwayat unduhan. Anda tidak dapat lagi mengakses video tersebut.**

Berita Lainnya

Index