Tim Satgas Berjibaku Padamkan Karhutla di Pelalawan

Tim Satgas Berjibaku Padamkan Karhutla di Pelalawan

iniriau.com, PEKANBARU - Maraknya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) membuat Tim Satuan tugas (Satgas) Karhutla Riau harus bekerja cepat dalam memadamkan api.

Bahkan menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, Tim Satgas Karhutla Riau dalam sebulan ini terus berjibaku memadamkan api yang membakar lahan di wilayah Riau. 

Pihaknya mengklaim telah berhasil memadamkan kebakaran lahan di wilayah utara Riau, yakni di Rokan Hilir dan Dumai. Namun, kini giliran di wilayah Kabupten Pelalawan yang banyak terpantau titik panas. 

“Di wilayah utara sudah selesai dilakukan pemadaman dan pendinginan, kini masuk ke wilayah Pelalawan yang banyak terjadi kebakaran. Tim kami juga baru bertugas di Dumai, dalam perjalanan kembali ditemukan titik panas di daerah lainnya. Semua tim Satgas tak berhenti bekerja, baik dari BPBD, TNI/Polri, manggala agni dan masyarakat,” ujar Edy Afrizal, Kamis (29/7).

Untuk memadamkan api didaerah yang sulit dijangkau, Tim Satgas Karhutla Riau mengunakan Helikopter. Dijelaskan Edy, Helikopter yang tersedia ada 6 unit namun yang bisa digunakan hanya 3 unit, yang 2 proses perpanjangan dan satu dalam proses maintenance

“Tiga Helikopter yang beroperasi ini masih bisa menjangkau wilayah Riau yang terbakar. Dan yang tiga lagi standby untuk menunggu proses pemakaiannya. Sejauh ini dengan Water bombing sangat membantu Karhutla, terutama diwilayah yang tidak terjangkau dengan tim Satgas darat,” tutupnya.**

Berita Lainnya

Index