Dua Hektar Lahan Gambut di Rupat Terbakar

Dua Hektar Lahan Gambut di Rupat Terbakar
Ilustrasi - internet

Iniriau.com, BENGKALIS - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus terjadi di Riau. Belum padam api yang membakar lahan di Kecamatan Kubu Kabupaten Rohil, kini api membara di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis.

Kebakaran lahan di Kecamatan Rupat,  sudah membakar lahan sekitar 2 hektare. Sampai Minggu (25/7/201) sore, petugas gabungan masih berjibaku memadamkan api.

‘’Ya, kebakaran terjadi di sekitaran Jalan Simpang Maintam Kampung Jawa, Kelurahan Batu Panjang, Kecamatan Rupat Selatan. Lahan yang terbakar merupakan semak belukar dengan kondisi tanah gambut yang cukup dalam,’’ ujar Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bengkalis Tajul Mudarris Senin (26/7/2021).

 Sementara untuk cuaca di lokasi kebakaran cerah berawan.  Saat ini personel gabungan terdiri dari tim BPBD Kecamatan Rupat, TNI, Polri, Satpol PP dan tim regu pemadaman perusahaan PT SRL serta Masyarakat Peduli Api (MPA) setempat terus berupaya memadamkan api.

Informasi petugas di lapangan api muncul sejak Sabtu (24/7/2021) sore sekitar pukul 18.23 WIB. Pertama kali kebakaran dilaporkan oleh MPA setempat kepada petugas karhutla kecamatan dan pihak kecamatan langsung berkordinasi dengan BPPD Bengkalis untuk melakukan pemadaman.

"Sejauh ini penyebab kebakaran lahan tersebut belum diketahui dan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Mudah-mudahan tidak merampat terlalu luas dan tim gabungan masih upaya melakukan pemadaman, namun karena cuaca dan angin saat ini agak kecang, sehingga titik apinya  semakin membesar," ujarnya. **

Berita Lainnya

Index