14 Safar 1443 H | Rabu, 22 September 2021
Hai Penikmat Jagung, Ini 5 Cara Mudah Mengolah Jagung Manis
style | Minggu, 25 Juli 2021
Editor : nana | Reporter : Betty Ismail

(Int)
Iniriau.com, Jakarta - Selain nasi, jagung manis juga merupakan sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh. Jagung manis juga diperkaya dengan vitamin, dan mineral.
Studi menunjukkan sekitar 164 gram jagung manis mengandung 177 kalori, 41 gram karbohidrat, 5,4 gram protein, 2,1 gram lemak, 4,6 serat.
 
Varian jagung manis ini juga mengandung vitamin C (17 persen dari kebutuhan harian), vitamin B1 (24 persen dari kebutuhan harian), vitamin B9 (19 persen dari kebutuhan harian), magnesium (11 persen dari kebutuhan harian) dan potasium (10 persen dari kebutuhan harian).
 
Anda dapat mengolah jagung manis dengan sejumlah cara mudah dan sederhana. Tanpa menambahkan banyak bumbu, rasa manis alami pada jagung manis dapat membuat lidah bergoyang.
 
Berikut 5 cara mudah olah jagung manis:
 
1. Kukus
Teknik rebus membuat jagung manis mengandung lebih banyak air. Anda bisa mencoba teknik kukus sehingga jagung bakal mengandung sedikit air dan mempertahankan tekstur yang renyah.
 
Cukup siapkan panci kukusan yang memiliki wadah berlubang-lubang kecil. Letakkan jagung yang sudah dikupas pada wadah, lalu tutup setelah air mendidih. Proses ini hanya memerlukan waktu 3-5 menit. Setelah matang, jagung bisa langsung dikonsumsi atau diberi bumbu berupa mentega, garam, merica atau bubuk cabai.
 
Melansir Taste of Home, mengukus jagung merupakan cara yang sehat karena proses ini menjaga nutrisi jagung lebih baik daripada merebus.
 
2. Bakar (grill)
Jagung manis juga bisa dibakar. Proses grilling bisa dilakukan dengan menyertakan kulit jagung atau dikupas bersih terlebih dahulu. Melansir The Spruce Eats, jika dikupas jagung sebaiknya diberi lapisan mentega cair untuk memberikan rasa gurih.
 
Bakar jagung dalam api sedang dan bolak-balik selama kurang lebih 15 menit hingga matang merata. Tak perlu khawatir dengan bagian jagung yang agak gosong karena akan memberikan sensasi 'smoky'.
 
3. Panggang (roast)
Malas menyiapkan bara arang? Saatnya memanfaatkan oven. Anda memerlukan aluminium foil untuk membungkus jagung yang sudah diberi unsalted butter. Letakkan pada pinggan tahan panas lalu panggang dalam suhu 200 derajat Celsius sekitar 30-45 menit.
Jagung panggang bakal menghasilkan rasa manis, gurih, juga lembut karena dibungkus aluminium foil. Selain unsalted butter, Anda bisa berkreasi sendiri untuk bumbu jagung seperti memberikan tambahan rempah, lada atau bubuk cabai.
 
4. Bubur
Comfort food untuk cuaca yang tak pasti salah satunya adalah bubur. Stok jagung manis bisa diolah jadi bubur. Bubur jagung dengan tekstur halus bisa didapatkan dengan memblender jagung atau mempertahankan teksturnya dengan diulek.
 
Anda bisa menambahkan santan atau bisa diganti susu, rempah (bubuk kayu manis, lada, bawang putih), garam juga tepung maizena sedikit.
 
5. Goreng
 
Jagung manis juga bisa diolah menjadi gorengan. Hidangan bakwan jagung misalnya bakal melengkapi santai sore bersama kopi atau teh di rumah.
 
Cara membuatnya dapat dilakukan degan memipil jagung manis lalu diulek. Berikan tepung terigu, telur, juga bumbu berupa kaldu bubuk, bawang putih, garam dan lada. Jika suka, Anda bisa menambahkan potongan seledri dan daun bawang. Aduk rata dan goreng dalam minyak panas.
 
Itulah cara mudah olah jagung manis yang bisa Anda coba di rumah.**
 
Sumber : cnn 


    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis