14 Safar 1443 H | Rabu, 22 September 2021
Anggota DPR RI Ini Dorong Pelaku Usaha di Riau Ciptakan Daya Saing
bisnis | Kamis, 22 Juli 2021
Editor : nana | Reporter : mokhtiar

-

Iniriau.com, Pekanbaru - Anggota DPR RI Komisi II Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA mendorong sinergi padu antara pemerintah daerah di Riau dengan Badan Standarisasi Nasional (BSN) dalam meningkatkan daya saing industri kecil menengah (IKM) serta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal tersebut disampaikan mantan Gubernur Riau ini saat memberikan sambutan dalam kegiatan sosialisasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Dumai dengan tema Optimalisasi Peran Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Daya Saing IKM dengan Memanfaatkan Keberadaan BSN di Riau di Pendopo Pemerintah Kota Dumai, Kamis, (22/7/21).

"Sinergi yang apik antara pemerintah daerah dan BSN ini juga bisa menjadi salah satu langkah pemulihan ekonomi di masa pandemi. Jadi banyak manfaatnya. Makanya harus segera dilakukan," kata anggota Fraksi Golkar DPR RI.

Andi Rachman yang sedang menjalani masa reses sidang V tahun 2020-2021 ini menyebutkan kegiatan ini selaras dengan program Komite Penanggulangan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN).

Ia juga mengapresiasi Pemerintah Kota Dumai atas terselenggaranya kegiatan ini. Juga ucapan terima kasih kepada sejumlah Stake Holder seperti Kadin Riau dan Dumai yang sudah bersedia memfasilitasi kegiatan ini.

Ia sengaja memilih Dumai karena angka angka pertumbuhan ekonomi dan produk domestik bruto (PDRB) di masa pandemi ini memperlihatkan kondisi yang baik. Terutama industri pengolahan di Dumai juga memberi kontribusi yang besar.

Kerja sama dengan BSN ini bisa untuk meningkatkan sektor industri pengolahan itu ke depan. Sehingga diharapkan IKM dan UMKM bisa bersinergi dengan industri pengolahan menengah dan besar yang ada di Dumai.
 
Dumai punya potensi besar untuk tumbuhnya IKM yang mendukung industri industri besar pengolahan di sana. Misalnya Pemerintah Kota Dumai bisa mendorong tumbuhnya IKM pengolahan logam, baut atau pembuatan suku cadang pabrik.

"Setelah tumbuh, produk mereka dibimbing untuk mendapat sertifikat SNI. Sehingga dengan mudah diterima industri menengah dan besar," jelasnya.

Sementara itu, Asisten I Setda Kota Dumai Yusrizal S.Sos, M.Si sangat mengapresiasi kegiatan ini. SNI tambah Yusrizal memberi kepastian standar untuk menjamin konsumen dan produsen.

"Banyak UKM di Dumai. Tapi belum ada yang punya SNI. Ini kerugian bagi kita. Untuk itu kita dorong IKM untuk serius mendapat slot pengurusan SNI dari BSN," ujarnya.

Ia berharap sinergi antar Pemko, Kadin dan BSN ini terus ada dan ditingkatkan.

Sementara itu Ketua Kadin Dumai Zulfan mengatakan kegiatan ini terselenggara memang karena inisiasi dari anggota DPR RI Andi Rachman.

"Kami sangat senang dan bangga bisa menjadi bagian dari kegiatan yang bermanfaat untuk peningkatan kualitas IKM di Dumai," ujarnya.

Juanda, Koordinator Kantor Layanan Teknis BSN Pekanbaru dalam pemaparannya mengatakan selama dua tahun hadir di Riau, pihaknya sudah membantu tujuh IKM dan UMKM mendapatkan sertifikat SNI.

"Kami berterima kasih kepada pak Andi Rachman yang punya komitmen kuat agar IKM dan UMKM di Riau bisa naik kelas dengan memegang SNI. Komitmen itu beliau tunjukkan dari awal berdiri KLT BSN di Pekanbaru hingga ikut mensosialisasikan program BSN ke daerah seperti sekarang ini," ungkapnya.**


    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis