Musrenbang RPJMD 2021-2026 Dimulai, Bupati: Mari Wujudkan Pelalawan Maju

Musrenbang RPJMD 2021-2026 Dimulai, Bupati: Mari Wujudkan Pelalawan Maju

Iniriau.com, PELALAWAN - Bupati Pelalawan H Zukri  membuka Musyawarah Rencana Pembangunan RPJMD Kabupaten Pelalawan tahun 2021-2026, Senin (10/5) di aula auditorium lantai tiga Kantor Bupati Pelalawan.

Musrenbang RPJMD guna mewujudkan visi Pelalawan Maju 2026,  pemkab membawa lima misi diantaranya yakni maju SDM yang agamis, maju ekonomi, maju infrastruktur, maju wisata dan budaya serta maju pemerintahan.

Kegiatan ini dihadir juga oleh Mantan Bupati Pelalawan H.Tengku Azmun Ja'afar, Mantan Wakil Bupati H. Marwan Ibrahim, tokoh masyarakat,  pemuda, agama, kepala OPD, dan pimpinan perusahaan di Kabupaten Pelalawan. Kegiatan ini juga berlangsung secara virtual kepada para camat dan praktisi akademisi yang menyaksikan secara live streaming.

Musrenbang diisi dengan diskusi yang menampilkan sejumlah  narasumber diantaranya Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan RI, dan Ketua Umum DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Ir Gulat Manurung.

Kepala Bappeda Pelalawan Ir. M. Syahrul Syarif, M.Si mengawali sambutannya mengatakan bahwa tahapan RPJMD 2021-2026  sudah dimulai dengan komunikasi kepada bupati dan wakil bupati sebelum dilantik, terkait rancangan RPJMD ini.

Kemudian setelah dilantik pada tanggal 26 April 2021  di lanjutkan pada tanggal 28 April 2021 konsultasi awal, kemudian dibawa ke DPRD, setelah itu keluar rekomendasi dari Pemerintah Provinsi Riau.

Dari musrenbang ini, kepala bappeda berharap adanya masukan dan akan direview kembali dilakip dan setelah itu di bawa ke DPRD kembali. Seduai arahan kemendagri,  paling lambat enam bulan  setelah bupati dan wakil bupati dilantik,  atau paling lambat pertengahan juni ini,  RPJMD tahun 2021-2026 telah rampung.

Sementara itu Bupati Pelalawan H.Zukri dalam sambutannya mengatakan, sesuai dengan Visi Pelalawan Maju 2026, RPJMD ini yang mengusung  lima misi. Dimana yang menjadi tujuan dari musrenbang ini adalah untuk menyamakan persepsi bahwa RPJMD ini menjadi cita cita mulia dalam mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Pelalawan.

Bupati mengharapkan kritikan dan masukan dari betbagai elemen untuk penyempurnakan penyusunan RPJMD.  " Untuk itu perlu persamaan pemikiran kita bersama. Kita jadikan RPJMD ini sebagai roh pembangunan menuju Pelalawan Maju, sejalan dengan proses pembangunan agar  berjalan dengan baik," ujar Zukri.

Mantan Wakil Ketua DPRD Propinsi ini menambahkan kepada stakeholder yang terlibat, bahwa tujuan RPJMD iji hanya satu, yakni menjadikan mimpi bersama untuk mensejahterakan rakyat, sebut bupati.

"Kalau ingin mensejahterakan rakyat, barometernya hanya satu yaitu kemiskinan semakin menurun dan pengangguran semakin kecil. Untuk menuju masyarakat yang sejahtera itu dibutuhkan adanya sentuhan pembangunan, ekonomi yang kuat serta pelayanan yang baik," pungkas Bupati Zukri. (Advertorial)

Berita Lainnya

Index