Sulit Dijangkau, 50 Hektare Hutan Lindung Bukit Suligi Riau Ludes Terbakar

Sulit Dijangkau, 50 Hektare Hutan Lindung Bukit Suligi Riau Ludes Terbakar
Foto: Dok Internet

Iniriau.com, ROHUL – Kebakaran hebat melanda kawasan hutan lindung di Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau.Kebakaran tersebut menghanguskan 50 hektare hutan.

Kondisi kebakaran hutan itu, saat ini masih terus meluas. Meski petugas dari TNI, Polri, Satpol PP dan masyarakat peduli api (MPA) terus berjibaku memadamkan api.

"Kita mendapat informasi tadi malam ada kebakaran di kawasan lindung Bukit Suligi. Hari ini kita lansung ke lokasi untuk melakukan usaha penanggulangan kebakaran," kata Kapolsek Tandun AKP S Sinaga Rabu (21/7/2021).

Menurut Kapolsek, lokasi kebakaran yang jauh dari jangkauan kendaraan menyulitkan upaya tim gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP setempat dan warga untuk memadamkan api.

Meski kawasan hutan itu bukan tanah gambut, namun pemadam sangat sulit dilakukan oleh petugas gabungan.

"Kawasan hutan yang terbakar ini tanah mineral. Tapi, untuk pemadaman sulit dilakukan karena kondisi lokasi sangat ekstrem dan jarak tempuh yang jauh. Akses hanya bisa dilalui sepeda motor dan jalan kaki," kata Sinaga.

Tim gabungan kemudian meminta bantuan helikopter untuk melakukan pemadaman dari udara.

Kapolsek mengatakan, kebakaran puluhan hektare hutan itu masih diselidiki apakah disengaja atau karena faktor alam.

Babinsa Koramils 08 Tandun, Sertu Faisal Siregar mengatakan, lokasi hutan yang terbakar berbukit dan ekstrem.

“Kita minta bantuan helikopter untuk melakukan water bombing (penyiraman air dari udara). Sampai hari ini api belum bisa dipadamnkan," katanya.**

Berita Lainnya

Index