Diumumkan Hari ini, Kadisdik Riau: Yang Tidak Lulus SMA/SMK Negeri Bisa Daftar ke Swasta

Diumumkan Hari ini, Kadisdik Riau: Yang Tidak Lulus SMA/SMK Negeri Bisa Daftar ke Swasta
Kepala Dinas Pendidikan Riau, Zul Ikram. (Ist)

Iniriau.com, PEKANBARU - Calon siswa SMA dan SMK di Provinsi Riau hari ini akan mengetahui apalah mereka ditetima atau tidak di SMA/ SMK pilihan mereka. sebab, Hasil pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru atau PPDB Riau untuk tingkat SMA/SMK bakal diumumkan hari ini, Rabu (7/7/2021).

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Riau, Zul Ikram pengumuman PPDB Riau sesuai dengan sekolah yang dituju siswa pada saat mendaftar.

Sesuai dengan aturan, masing-masing siswa boleh mendaftar di dua sekolah negeri, jika di satu sekolah tidak diterima, dan mendaftar di sekolah lain.

“Insya Allah Rabu (7/8/2021) diumumkan hasil pelaksanaan PPDB. Pengumuman sesuai dengan sekolah yang dituju, kami menghimbau kepada masyarakat, untuk bisa melihat kelulusan anaknya. Sesuai dengan petunjuk teknis PPDB secara online di Riau, sejauh ini berjalan lancar,” kata Zul Ikram, Selasa (6/7/2021).

Zulikram menambahkan PPDB Online di Riau tahun ini berjalan lancar dan semua kendala teknis bisa diatasi.

“Untuk pengaduan masyarakat yang tidak puas dengan hasil PPDB ada, dan relatif standar, mulai dari KK tidak ada, nomor yang belum keluar, mendaftar tapi tidak keluar nomor, sehingga bukti nya tidak keluar itu dibantu. Permasalahan lainnya soal zonasi juga ada, dan ini diselesaikan dimasing-masing sekolah,” ujar Zul Ikram.

Bagi Calon siswa SMA dam SMK  yang tidak diterima di sekolah Negeri, untuk bisa sekolah di sekolah swasta.

Pada umumnya kualitas sekolah swasta juga cukup baik, dan yang membedakan hanya di pembiayaan, dimana sekolah swasta masih membayar, dan sekolah negeri gratis.

“Yang tidak diterima disekolah negeri silahkan memilih sekolah swasta sesuai keinginan. Keterbatasan penerimaan siswa disekolah Negeri memang menjadi kendala dengan jumlah siswa SMP yang lulus sekolah,” ungkap Zul Ikram.

Sementara itu, dari data hari terakhir PPDB, dari data yang masuk sebanyak 81.839 siswa yang mendaftar di 12 Kabupaten Kota.**

Kota Pekanbaru terbanyak siswa yang mendaftar masuk sekolah negri yakni sebanyak 19.808, disusul Kabupaten Bengkalis 8.715 siswa, Rokan Hulu 6.004 dan Kota Dumai 5.643 siswa.

Sementara itu Indragiti hilir sebanyak 4.516, Rokan Hilir 5.659 siswa, Pelalawan 4.828, Siak 6.148, Kampar 8.655 siswa, Kuantan Singingi 4.382 siswa, Meranti 1.479 siswa, dan Indragiri Hulu 5.984 siswa.

Untuk diketahui, PPBD Riau sebelumnya sempat tertunda karena kendala anggaran dan teknis. Penundaan tersebut sempat menjadi sorotan berbagai kalangan.**

Berita Lainnya

Index