Relasi Investasi di Siak Tahun 2020 Tembus Rp3,7 Triliun

Relasi Investasi di Siak Tahun 2020 Tembus Rp3,7 Triliun
Ilustrasi Kab Siak

Iniriau.com, SIAK - Meski di tengah pandemi Covid-19, investasi di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, selama 2020 lalu tetap melonjak dan tembus Rp3.750.730.740.000. Bahkan, angka itu melampaui target yang hanya Rp1.100.000.000.000.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Siak, Heriyanto, mengatakan, capaian itu meningkat dari target lantaran berbagai inovasi berbasis IT dilakukan.

"Ya, seperti Aplikasi Perizinan Online untuk Pemenuhan Komitmen Perizinan melalui OSS, Sistem Layanan Pengaduan Online, Tanda Tangan Elektronik dan Sertifikat Perizinan Digital, SMS Notifikasi dan Whatapps, dan Kedai Pelayanan Perizinan Berusaha di Kecamatan. Sejumlah sistem itu dibuat untuk meningkatkan pelayanan dan hasilnya pada tahun 2020 lalu, realisasi investasi di Siak melampaui target," kata dia, Rabu (30/6).

Herianto mengatakan yang berinvestasi tahun lalu ke Kabupaten Siak berbagai macam bidang. Mulai dari industri minyak dan gas bumi, pertanian, perkebunan kelapa sawit dan karet, industri pupuk, industri pengolahan kelapa sawit, industri pulp paper & tisu, industri pengolahan limbah, dan galangan kapal.

"Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Siak sudah dibentuk 12 tahun lalu. Ini dibuat mengingat besarnya peluang berinvestasi di Kabupaten Siak yang berada di kawasan Hinterland area daerah kerja sama Ekonomi Regional SIJORI, yakni Singapura, Johor dan Riau," katanya.

Selain itu, Siak juga termasuk dalam kawasan pertumbuhan ekonomi Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) serta memiliki Kawasan Industri dan pelabuhan di Tanjung Buton.**

Sumber: Gatra

Berita Lainnya

Index