14 Safar 1443 H | Rabu, 22 September 2021
Ibarat Surga Tersembunyi, KNPI Riau Minta Menpar Prioritaskan Pariwisata Kampar
pariwisata | Sabtu, 22 Mei 2021
Editor : Rvp | Reporter : Rilis

Iniriau.com, KAMPAR - Kemeriahan perayaan Idul Fitri di Kampar berbeda dengan daerah lain. Jika daerah lain idul Fitri hanya dengan pelaksanaan sholat id di lapangan, namun di Kabupaten Kampar ada tradisi  "Rayo Onam" atau hari raya enam.

"Rayo onam" adalah tradisi turun temurun yang dilaksanakan pada bulan syawal,  setelah warga Kampar melaksanakan puasa sunnah selama 6 hari dibulan Syawal. Puncaknya, warga Kampar adakan ziarah kubur dan makan "bajambau”(bersama).

DPD KNPI Provinsi Riau pada Idul Fitri tahun ini turut serta memeriahkan pelaksanaan "rayo onam", dengan bersilaturahmi kepada tokoh dan senior KNPI di Kampar. Ikut juga ketua KNPI Kampar Febio Angriawan dan jajarannya. (20/5/21).

Disela  acara tersebut rombongan pengurus KNPI Riau dan Kabupaten Kampar mengunjungi destinasi wisata di Kabupaten berjuluk Serambi Mekkah tersebut. Selama kunjungan ke destinasi wisata, rombongan menjaga ketat protokol kesehatan dalam rangka terus mensosialisasikan kebiasaan hidup baru selama menghadapi masa pandemi Covid 19.

Ketua DPD KNPI Riau Fuad Santoso menyampaikan, Kampar ubarat surga yang tersembunyi. Bukan sebuah pernyataan yang tanpa alasan, surga yang tersembunyi digelarkan kepada Kabupaten Kampar melalui ajang Pesona Indonesia Award yang mana destinasi wisata Batu Tilam di Kecamatan Kampar Kiri Hulu,meraih Juara I Kategori Surga Tersembunyi terpopuler, pada Pesona Indonesia Award.

"Award tersebut adalah satu anugerah yg harus menyadarkan kita, betapa besar potensi wisata yang ada diberbagai tempat di Provinsi Riau," ujar Fuad. 

Melihat geliat pembangunan dan pengembangan destinasi wisata tanah air yang dilakukan oleh Menpar RI Sandiaga Uno, Fuad memiliki harapan besar agar potensi wisata di Kabupaten Kampar menjadi perhatian khusus. 

"Bang Sandiaga Uno itu sudah kita anggap orang Riau, dimasa kecilnya lama tinggal di Riau, jadi bang Sandiaga Uno itu kampungnya di Riau, tentu membangun Riau juga jadi kebanggaan baginya,” ungkap Fuad didepan kader KNPI Kampar.

Kepala Desa Pulau Gadang Sopyan ikut menyambut kedatangan rombongan Pengurus DPD KNPI Riau dan Kampar dengan suasana yang sangat hangat. Hal ini dilakukan karena bagi kades, perhatian KNPI terhadap pengembangan kepariwisataan serta ekonomi kerakyatan sangat dibutuhkan bagi masyarakat Kabupaten Kampar. **


    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis