Walikota Pekanbaru Ajak RT/RW Aktif Dalam Penanganan Covid-19

Walikota Pekanbaru Ajak RT/RW Aktif Dalam Penanganan Covid-19
Walikota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, ST. MT (dok:istimewa)

Iniriau.com, PEKANBARU - Walikota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, ST. MT, Rabu (21/10) mengukuhkan pengurus Forum Komunikasi RT RW Tingkat Kota Pekanbaru masa bakti 2020-2023 di Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru, Tenayan Raya.

Dalam sambutannya, walikota berharap petugas RT/RW yang baru dilantik ikut membantu pemerintah kota dalam upaya percepatan penanganan covid-19, mensosialisasikan dan sekaligus menerapkan protokol kesehatan diingkungan RT/RW masing-masing.

"Pemerintah kota sedang mengoptimalkan penanganan virus corona, oleh karena itu perlu peran aktif pengurus Forum Komunikasi RT RW dalam mendukung program pemerintah ini, yakni mengurangi dan memutus mata rantai  covid-19," jelasnya, usai pengukuhan.

Upaya untuk memutus mata rantai covid adalah dengan merubah perilaku masyarakat dalam kehidupan sehari-sehari. Yakni dengan memakai masker saat beraktifitas di luar rumah, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak. Petugas RT/RW sebagai garda terdepan di masyarakat memiliki peran sangat besar dalam menjalankan protokol kesehatan tersebut dilingkungan masing-masing," jelas walikota.

"Jika setiap RT/RW berhasil menerapkan protokol kesehatan di lingkungannya, saya yakin covid-19 ini bisa kuta putus mata rantai penyebarannya, " kata walikota.

Pandemi Covid-19 di Pekanbaru termasuk tinggi angka penyebarannya. Bahkan Pekanbaru sebagai ibukota provinsi termasuk dalam zona merah. Walikota menggandeng seluruh elemen tokoh dan masyarakat agar aktif dalam memerangi virus ini, dengan cara patuh dan disiplin dalam menjalankan prokes.

Pandemi covid tidak cuma berdampak pada kesehatan masyarakat, namun juga menggerus sektor perekonomian. PHK meningkat, lapangan usaha banyak tutup karena menurunnya daya beli masyarakat. Dunia pendidikan juga ikut terdampak karena sekolah terpaksa ditutup untuk menghindari penyebaran klaster sekolah.**

Berita Lainnya

Index